10 Manfaat Asuransi Mobil Penting Untuk Dimiliki

meta icon

manfaat asuransi mobil

Tidak dapat dipungkiri bahwa mempunyai asuransi mobil masih selalu dipertimbangkan oleh kebanyakan orang. Banyak yang berasumsi bahwa manfaat asuransi mobil dinilai tidak penting apalagi diketahui biayanya cukup mahal.

Padahal perlu diketahui bahwa ketika Anda berkendara banyak sekali risiko yang akan dihadapi entah itu mesin mengalami kerusakan, kendaraan yang mungkin hilang hingga kerugian lainnya yang bisa terjadi karena kecelakaan. Masih penasaran apa saja sih sebenarnya manfaat yang dimiliki asuransi mobil itu? Simak informasinya di bawah ini.

Manfaat Asuransi Kendaraan yang Perlu Diketahui

– Memberikan rasa aman dan tenang saat berkendara

Manfaat utama yang akan dirasakan jika menggunakan asuransi mobil adalah Anda akan merasa tenang dan aman ketika berkendara ataupun melakukan perjalanan. Maksudnya pemilik bebas berkendara tanpa harus memikirkan adanya biaya yang harus ditanggung jika terjadi kerugian.

Ya, karena semua kerugian yang nantinya terjadi akan ditanggung oleh penyedia asuransi tergantung jenis polis yang dipilih. Meski begitu Anda harus tetap berhati-hati ketika berkendara untuk menjaga keselamatan baik itu untuk diri sendiri penumpang maupun pengendara lainnya.

– Memiliki solusi finansial

Seperti yang telah diketahui Anda tentu sudah paham apa saja yang akan didapat jika menggunakan asuransi mobil. Manfaat asuransi mobil selanjutnya adalah Anda bisa memiliki solusi finansial ketika terjadi peristiwa tertentu yang merugikan.

Baca Juga: Daftar Risiko Yang Bakal Dijamin Saat Anda Punya Asuransi Mobil

Jadi dengan memiliki asuransi, Anda tetap dapat memperbaiki maupun memperoleh kembali mobil atau kendaraan yang hilang tanpa perlu mengeluarkan uang apalagi dalam jumlah yang banyak. Hanya dengan mengajukan klaim saja maka pihak asuransi akan langsung mengganti kerugian yang Anda alami.

– Memberikan perlindungan pada kendaraan

Manfaat dari asuransi mobil yang pasti adalah memberikan perlindungan terhadap risiko yang mungkin terjadi. Di antaranya seperti kecelakaan tabrakan, terperosok atau mengalami kebakaran dan lain sebagainya. Jadi asuransi yang selama ini Anda kira hanya bisa memberikan manfaat mungkin hanya asuransi pendidikan atau asuransi kesehatan.

Nyatanya asuransi kendaraan juga memiliki manfaat yang sama baiknya dengan jenis asuransi tersebut. Hanya saja untuk setiap asuransi tentu akan memberikan manfaat perlindungan yang berbeda juga.

Baca Juga: Pentingnya Asuransi Mobil Sebagai Langkah Mitigasi

Jadi Anda tidak dapat mengandalkan satu produk atau jenis asuransi yang sama saja untuk mengcover kerugian yang berbeda. Jadi jika Anda ingin mendapatkan perbaikan atau penggantian atas kerusakan mobil, asuransi kendaraan bermotor adalah jawabannya bukan jenis asuransi yang lain.

– Memberikan proteksi jika terjadi kehilangan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat asuransi selanjutnya adalah dapat memberikan proteksi bila terjadi kehilangan akibat musibah pencurian. Jadi ketika Anda mengalami musibah kehilangan kendaraan, pemilik tidak benar-benar merasa kehilangan kendaraan tersebut sebab kehilangan kendaraan sudah menjadi risiko yang akan ditanggung oleh penyedia asuransi.

Namun meski begitu, Anda juga harus mengetahui bagaimana persyaratan atau cara klaim yang harus dilakukan supaya Anda dapat memperoleh ganti rugi tersebut. Jadi sebelum menentukan jenis polis yang tepat pilihlah hati-hati dan pertimbangkan lebih mendalam apa saja hal-hal yang harus diperhatikan pada jenis asuransi tersebut.

– Membantu dalam perencanaan keuangan

Minimnya informasi mengenai manfaat asuransi mobil yang selama ini diketahui kebanyakan orang menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh agen asuransi. Ya, salah satu manfaat yang tidak diketahui ternyata asuransi bisa membantu setiap individu dalam merencanakan keuangan secara lebih baik. Hal tersebut telah diakui oleh para klien, jadi ketika menggunakan asuransi Anda jangan hanya terfokus pada biaya premi yang perlu dibayarkan.

Namun hal yang harus diperhatikan adalah beban finansial yang akan dihadapi jika tidak menggunakan asuransi. Sebut saja ketika Anda mengalami kecelakaan ringan, Anda tentu harus tetap memperbaiki komponen yang rusak atau hal penting lainnya.

Baca Juga: Mau Tau Biaya Turun Mesin? Cek disini Rinciannya

Jika menggunakan asuransi Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi. Oleh karena itu benar sekali disebutkan bahwa asuransi dapat membantu individu dalam hal perencanaan keuangan.

– Membebaskan diri dari tanggungan

Selanjutnya seperti yang diketahui ketika Anda mengalami kecelakaan, tidak hanya menimpa Anda sendiri namun bisa jadi Anda tidak sengaja menabrak pengguna jalan lainnya. Jika hal ini terjadi maka Anda perlu membiayai pihak ketiga. Namun jika Anda menggunakan asuransi, Anda akan terbebas akan hal itu.

Ya, semua tanggungan seperti ganti rugi atau biaya pengobatan pihak ketiga akan ditanggung oleh penyedia asuransi. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi jika menggunakan asuransi kendaraan bermotor.

– Memiliki fitur layanan tambahan

Manfaat selanjutnya berbagai fitur layanan tambahan bisa Anda peroleh tergantung jenis asuransi yang dipilih. Menariknya semua fitur layanan tambahan yang ditawarkan akan selalu menguntungkan pengguna asuransi contohnya seperti asuransi all risk.

– Dapat mengatasi adanya penurunan harga

Anda tentu mengetahui bahwa harga jual kendaraan akan selalu mengalami penurunan setiap tahunnya. Untuk mengatasi hal tersebut maka asuransi adalah solusinya. Ya, dengan menggunakan asuransi Anda dapat menjaga nilai jual kendaraan setiap tahunnya.

– Penanganan perbaikan yang terjamin

Alasan selanjutnya mengapa Anda harus menggunakan asuransi mobil karena manfaat yang dimiliki yaitu memiliki penanganan perbaikan yang lebih terjamin. Hal tersebut karena setiap penyedia asuransi kebanyakan memiliki kerja sama dengan bengkel mobil terpercaya. Jadi jika mengalami kerusakan Anda tidak perlu khawatir untuk memperbaikinya.

– Adanya perlindungan lebih

Seperti yang dijelaskan di atas Anda tentu sudah mengetahui perlindungan yang akan didapat jika menggunakan asuransi. Ya, karena dengan menggunakan produk yang tepat Anda akan mendapatkan perlindungan yang lebih daripada sekedar asuransi saja.

Itulah keuntungan beli asuransi mobil yang perlu Anda ketahui. Pertimbangkan dengan baik jenis asuransi mobil yang akan dipilih. Selamat mencoba.

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo