Asuransi Perjalanan Wisata

Asuransi Perjalanan


Asuransi perjalanan atau asuransi perjalanan adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan dari dampak potensi gangguan selama nasabah bepergian. Asuransi perjalanan cocok bagi Anda yang merencanakan perjalanan ke luar negeri seperti liburan ke Eropa, haji, dan lain sebagainya.

Sebab beberapa negara mewajibkan wisatawan untuk memiliki visa yang dilengkapi dengan asuransi. Jika Anda sedang mempersiapkan liburan ke Eropa atau negara-negara Schengen, sebaiknya siapkan juga asuransi perjalanan luar negeri untuk Anda.

Asuransi Perjalanan Terbaik

Rekomendasi Asuransi perjalanan untuk memberikan rasa aman dan tenang dalam perjalanan Anda adalah asuransi perjalanan dari MPM Insurance. Produk asuransi yang ditawarkan PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika, salah satu perusahaan asuransi terbaik Indonesia untuk masyarakat yang membutuhkan proteksi dalam melakukan perjalanan.

Rencanakan perjalanan Anda dengan asuransi perjalananseluruh dunia.

1. Jepang

Jepang merupakan salah satu negara Asia yang menjadi tujuan favorit wisatawan asal Indonesia. Perjalanan ke negara asal anime ini rata-rata membutuhkan waktu 8 jam dari Jakarta ke Tokyo. Selain visa dan akomodasi di sana, siapkan juga asuransi perjalanan untuk perjalanan Anda ke Jepang. 

2. Amerika

Bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan bisnis atau pendidikan ke Amerika, sebaiknya memiliki asuransi perjalanan internasional untuk perlindungan terhadap risiko-risiko yang tidak diinginkan selama perjalanan.

3. Thailand

Asuransi perjalanan sebaiknya disiapkan bagi Anda yang hendak liburan ke negara-negara tetangga seperti Thailand.

4. Australia

Punya rencana untuk sekolah atau bekerja di Australia? Negara kanguru ini memang jadi tujuan banyak masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan maupun mengembangkan karir. Jangan lupa untuk menyiapkan asuransi perjalanan untuk perjalanan ke Australia yang aman dan tenang.

5. Schengen (Eropa)

Manfaat asuransi perjalanan adalah mempermudah Anda untuk mengurus visa Schengen. Visa yang dapat digunakan di beberapa negara Eropa. Daftar negara yang masuk Schengen sendiri antara lain:

  • Eropa Timur (Republik Ceko, Slovakia, Polandia, Hungaria)
  • Eropa Barat (Jerman, Swiss, Belanda, Prancis, Luksemburg, Belgia, Austria, Liechtenstein)
  • Eropa Selatan (Italia, Portugal, Slovenia, Malta, Yunani, Spanyol)
  • Eropa Utara (Finlandia, Islandia, Denmark, Norwegia, Etsonia, Swedia, Latvia, Lithuania)

Jenis Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi perjalanan dapat dibagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan tujuan perjalanan, misalnya umrah/haji, wisata, dan lain sebagainya. Namun, secara umum asuransi perjalanan ada dua jenis yaitu asuransi untuk perjalanan domestik dan asuransi untuk perjalanan internasional.

1. Asuransi untuk perjalanan domestik

Asuransi perjalanan domestik adalah jenis asuransi perjalanan yang memberikan perlindungan terhadap risiko perjalanan di wilayah Indonesia. Jaminan perlindungan yang ditawarkan antara lain santunan meninggal dunia atau cacat akibat kecelakaan.

2. Asuransi untuk perjalanan internasional

Asuransi untuk perjalanan internasional termasuk salah satu produk asuransi perjalanan wisata yang paling banyak dicari. Contohnya asuransi untuk mengakomodasi kebutuhan pengajuan Visa Schengen.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Manfaat paling utama memiliki asuransi perjalanan adalah mengurangi risiko finansial saat Anda mengunjungi kota atau negara lain. Selain itu, beberapa manfaat yang bisa didapatkan antara lain:

1. Perlindungan keterlambatan penerbangan

Keterlambatan penerbangan adalah penundaan atau pembatalan oleh pihak maskapai yang dapat menyebabkan kerugian pada penumpang. Dengan asuransi perjalanan, Anda akan mendapatkan kompensasi sesuai perjanjian polis.

2. Santunan kematian dan disabilitas

Rencanakan perjalanan Anda dengan perlindungan dari MPM Insurance untuk proteksi penuh jika terjadi situasi yang tidak diharapkan. Asuransi akan memberikan dana santunan kepada keluarga jika terjadi risiko meninggal dunia atau cacat akibat kecelakaan.

3. Pertanggungan Biaya Medis

Perawatan darurat seperti biaya rumah sakit adalah hal yang tidak menyenangkan, terutama saat Anda harus mengeluarkan biaya yang mahal. Tapi tenang, karena ada tanggungan biaya pengobatan bagi nasabah MPM Insurance.

4. Perlindungan bagasi hilang

Hal yang tidak menyenangkan saat melakukan perjalanan adalah bagasi yang rusak atau bahkan hilang. Jika bagasi nasabah rusak atau hilang karena kelalaian pihak maskapai, asuransi akan memberikan jaminan ganti rugi sesuai dengan polis.

5. Kompensasi kehilangan paspor

Risiko paspor hilang karena pencurian atau hal yang tidak disengaja lain, dapat membuat Anda harus mengeluarkan biaya untuk pembuatan paspor baru. Pihak asuransi dapat memberikan santunan untuk nasabah yang mengajukan kehilangan dan pembuatan paspor baru sesuai perjanjian di polis.

6. Biaya perjalanan darurat

Perusahaan asuransi dapat menanggung biaya perjalanan darurat bagi nasabah yang harus kembali ke kota atau negara asal karena ada hal darurat. Kompensasi ini dapat diberikan sesuai perjanjian pada polis asuransi.

7. Biaya evakuasi medis

Apabila nasabah membutuhkan evakuasi ke rumah sakit terdekat, perusahaan asuransi akan menanggung biaya evakuasi tersebut untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit secepatnya.

8. Kompensasi kerusuhan

Manfaat asuransi perjalanan juga meliputi kompensasi jika terjadi kerusuhan saat di negara asing yang menimbulkan kerugian pada nasabah.

9. Biaya hukum

Asuransi menanggung biaya hukum apabila terjadi risiko seperti tertanggung yang merusak properti orang lain tanpa disengaja, menyebabkan orang lain terluka tanpa disengaja, dan lain sebagainya.

Pengecualian untuk Travel Insurance

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan nasabah tidak bisa melakukan klaim. Secara umum, beberapa risiko yang tidak termasuk dalam jaminan asuransi antara lain:

  1. Cedera akibat olahraga ekstrem (ski, panjat tebing, arung jeram, diving)
  2. Kehilangan bagasi atau barang berharga yang berada dalam pengawasan tertanggung
  3. Tertanggung melakukan perjalanan untuk tujuan perawatan medis
  4. Kehilangan barang berharga yang bertentangan dengan hukum
  5. Tertanggung dirujuk ke fasilitas medis lainnya
  6. Setiap penyakit yang sudah ada sebelum tertanggung melakukan perjalanan
  7. Setiap cedera atau penyakit yang disebabkan reaksi nuklir atau pencemaran radioaktif
  8. Negara-negara yang dilarang dalam asuransi perjalanan (negara konflik atau perang)

Tips Memilih Travel Insurance

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli asuransi. Untuk mendapatkan polis asuransi terbaik, sebaiknya Anda perhatikan beberapa tips penting berikut.

1. Cek syarat di lokasi tujuan

Perlu diketahui bahwa ada beberapa negara yang memiliki syarat khusus untuk bisa masuk ke negaranya. Contohnya Singapura yang menetapkan kebijakan bagi turis asing untuk memiliki asuransi perjalanan dengan nilai pertanggungan SGD 30 ribu (sekitar Rp 319 juta).

2. Pertanggungan dan fasilitas

Pelajari terlebih dahulu mengenai pertanggungan dan fasilitas yang ditawarkan oleh asuransi. Manfaat asuransi tersebut akan menentukan besaran premi asuransi perjalanan perlu Anda bayar nantinya.

3. Besaran uang pertanggungan

Cari tahu mengenai kisaran biaya perawatan kesehatan di negara yang hendak dikunjungi. Jadi, Anda bisa mempersiapkan asuransi dengan nilai uang pertanggungan yang sesuai kebutuhan.

4. Pahami polis dengan seksama

Selalu pelajari polis secara menyeluruh, apabila ada yang membingungkan, jangan sungkan untuk bertanya ke petugas atau agen asuransi. Dengan memahami polis dapat menghindarkan Anda dari miskomunikasi saat nanti melakukan pengajuan klaim.

5. Berapa lama akan bepergian

Durasi perjalanan juga akan mempengaruhi besaran premi yang harus Anda bayar. MPM Insurance menyediakan asuransi perjalanan dengan beberapa pilihan waktu yang bisa disesuaikan dengan lamanya Anda akan bepergian.


Form Data Aplikasi

Nama

Alamat

No Hp

Email

Notes

Kapan Anda membutuhkan asuransi?