Pentingnya Asuransi Mobil Untuk Anda & Jenis-Jenisnya

meta icon

Pentingnya Asuransi Mobil Untuk Anda & Jenis-Jenisnya

Bagi Anda yang memiliki kendaraan roda empat harus mengetahui betapa pentingnya asuransi mobil untuk perlindungan kendaraan dari berbagai macam risiko. Asuransi untuk kendaraan bermotor menjadi satu produk finansial yang bisa memberikan berbagai manfaat untuk pemegang polisnya.

Misalnya untuk mendapatkan ganti rugi yang menjadi akibat dari risiko yang bisa terjadi pada kendaraan secara tak terduga dan bisa terjadi kapan saja serta di mana saja.

Jenis Asuransi Mobil

Sebelum Anda membeli asuransi untuk kendaraan roda empat yang dimiliki, akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu mengetahui jenis asuransi mobil beserta manfaat yang dimilikinya.

Seperti yang diketahui, asuransi mobil akan memberikan jaminan perlindungan pada kendaraan yang diasuransikan dari berbagai risiko seperti terjadinya kecelakaan, kebakaran, bencana alam, kerusakan, kerusuhan hingga terjadinya kehilangan sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih. Berikut ini adalah beberapa jenis asuransi mobil dan manfaat pentingnya asuransi mobil yang perlu Anda ketahui :

1. Asuransi Mobil All Risk

Jenis asuransi mobil yang memberikan jaminan perlindungan dengan menanggung pembiayaan secara penuh baik ketika terjadi kerusakan kecil maupun besar pada kendaraan. Jenis asuransi ini juga banyak disebut dengan asuransi all risk dan memberikan pertanggungan pada beragam kerugian serta kerusakan yang terjadi pada kendaraan.

Asuransi ini juga bisa memberikan jaminan pertanggungan jika kendaraan yang diasuransikan hilang karena dicuri atau hancur karena bencana alam.

2. Asuransi mobil Total Loss Only (TLO)

Merupakan jenis asuransi kendaraan mobil yang bisa memberikan pertanggungan ganti rugi pada jenis kerusakan dan kehilangan mobil, meski tak semua jenis kerusakan bisa ditanggung oleh asuransi. Adapun kerusakan mobil yang bisa ditanggung dengan asuransi mobil jenis ini memiliki ketentuan, hanya jika tingkat kerusakan mobil terjadi lebih dari 75 persen dengan kondisi mobil sama sekali tak bisa digunakan.

Dalam artian, asuransi ini hanya bisa memberikan ganti rugi jika kendaraan yang diasuransikan tak bisa diperbaiki setelah terjadinya kecelakaan, kehilangan ataupun kerusakan yang diakibatkan karena kejahatan.

Jenis asuransi TLO ini mempunyai kelebihan yaitu memiliki premi asuransi yang jauh lebih rendah daripada jenis asuransi All Risk atau komprehensif. Namun meski memiliki cakupan jaminan perlindungan kendaraan yang lebih terbatas, asuransi ini tetap menjadi pilihan jenis asuransi terjangkau khususnya untuk pemilik kendaraan tua.

3. Pertanggungan Risiko Pribadi

Jenis asuransi mobil yang memberikan jaminan perlindungan pada risiko penggunaan mobil namun terbatas hanya pada pemilik mobilnya saja. Artinya jaminan pertanggungan diberikan untuk melindungi pemilik kendaraan dari risiko yang berhubungan dengan kepemilikan maupun penggunaan mobil tersebut.

4. Asuransi Mobil Perluasan (Rider)

Jenis asuransi mobil yang memiliki jaminan perluasan pertanggungan untuk hal-hal yang tak ditanggung pada jenis asuransi mobil lainnya. Misalnya jaminan perluasan gempa bumi dan tsunami, jaminan perluasan banjir dan angin topan, jaminan perluasan huru-hara atau kerusuhan dan berbagai jaminan perluasan lainnya.

Adanya penambahan jaminan perluasan asuransi mobil juga akan memberikan pengaruh pada nilai premi asuransi yang harus dibayarkan, semakin banyak perluasannya maka semakin mahal biaya premi asuransinya.

5. Asuransi Mobil Kombinasi

Merupakan jenis asuransi mobil perpaduan konsep asuransi TLO dan All Risk yang saat ini lebih cenderung banyak diaplikasikan pada kendaraan yang baru saja dibeli dengan menggunakan cara kredit.

Biasanya kombinasi asuransi yang digunakan adalah dengan menerapkan jenis asuransi All Risk atau komprehensif pada tahun pertama kredit mobil, kemudian pada tahun berikutnya akan diterapkan jenis asuransi TLO. Dengan asuransi jenis ini, pemilik mobil bisa merasakan jaminan perlindungan yang lebih menyeluruh meliputi kerusakan mobil secara total, berbagai jenis kerusakan kendaraan lainnya seperti pencurian, kecelakaan, kerusakan karena bencana alam dan lainnya.

6. Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga

Jenis asuransi yang memberikan jaminan perlindungan atas risiko yang muncul jika seseorang menggunakan mobil yang kemudian menyebabkan kerusakan pada mobil lain atau menimbulkan cedera pada orang lain.

Dalam jaminan perlindungan asuransi ini sudah mencakup biaya hukum yang muncul karena adanya tuntutan yang diajukan oleh pihak ketiga, sekaligus beserta ganti rugi yang harus dibayarkan sesuai ketentuan. Namun perlu diketahui, asuransi ini tak memberikan perlindungan pada risiko yang berhubungan dengan kerusakan, kecelakaan atau kehilangan mobil yang terjadi pada pemilik mobil tersebut.

Itulah penjelasan singkat tentang jenis asuransi mobil dan manfaat yang dimilikinya untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan pemilik mobil. Banyak pemilik kendaraan yang masih belum tahu tentang pentingnya asuransi mobil karena belum tahu apa saja manfaat dari setiap jenis asuransi mobil yang tersedia.

Ada beberapa manfaat umum dari memiliki asuransi mobil, yaitu sebagai berikut :

  • Membantu menjaga kestabilan kondisi ekonomi karena biaya perbaikan mobil yang bisa muncul secara tiba-tiba bisa sangat mengganggu stabilitas perekonomian
  • Bisa memberikan rasa aman, tenang dan nyaman dalam berkendara karena jaminan perlindungan yang diberikan selama kendaraan digunakan
  • Bisa bebas dari risiko finansial jika muncul tuntutan hukum dari pihak ketiga jika terjadi kecelakaan yang membuat pihak lainnya mengalami kerugian secara fisik maupun keuangan
  • Keberadaan asuransi mobil juga secara tidak langsung akan menjaga nilai atau harga jual mobil tetap tinggi dibandingkan mobil yang tak diasuransikan

Sekian pembahasan mengenai jenis asuransi mobil yang dimilikinya untuk menjamin perlindungan selama kendaraan digunakan. Pemilik mobil perlu menyadari tentang pentingnya asuransi mobil yang bukan saja bisa memberikan perlindungan finansial dan kendaraan dari berbagai risiko yang tak terduga.

Pastikan untuk membaca dan memahami aturan, ketentuan polis serta manfaat yang diperoleh dari perusahaan asuransi yang dipilih sehingga benar-benar dipastikan bisa menikmati manfaat asuransi mobil yang dibeli.

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo