5 Tips Memilih Asuransi Kebakaran Rumah Yang Cocok Untuk Anda

meta icon

tips memilih asuransi kebakaran

Asuransi kebakaran cukup penting untuk dimiliki karena mampu mencakup tanggungan kerugian akibat bencana kebakaran dan risiko kelistrikan. Sebagai calon nasabah, tentu saja Anda harus mempertimbangkan beberapa tips memilih asuransi kebakaran rumah yang tepat.

Tips Memilih Asuransi Produk Kebakaran Rumah

Kerusakan rumah atau bangunan kantor yang terbakar habis sudah pasti akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tidak jarang biaya yang dibutuhkan sama dengan biaya pembangunan properti tersebut. Supaya tidak salah pilih, berikut beberapa tips yang bisa dipertimbangkan.

1. Sesuaikan kembali dengan kebutuhan Anda

Dalam memilih produk asuransi kebakaran, penting untuk memastikan kembali kebutuhan Anda. Terlebih, setiap perusahaan asuransi umumnya akan menawarkan jenis asuransi yang sama meskipun target dan cakupan konsumennya berbeda-beda.

Beberapa nasabah mungkin hanya membutuhkan proteksi finansial untuk membangun rumahnya kembali setelah insiden kebakaran terjadi. Akan tetapi, tidak jarang perlindungan tambahan seperti proteksi barang antik dan karya seni juga diperlukan guna melindungi koleksi pribadi.

Korban kebakaran seringkali juga tidak memiliki rumah atau bangunan layak huni setelah terjadi kebakaran. Oleh karena itu, pastikan apakah tersedia santunan atau biaya agar kebutuhan Anda dalam mendapatkan tempat tinggal sementara.

Baca Juga: 6 Faktor Yang Mempengaruhi Premi Asuransi Kebakaran

2. Cek ulang kondisi bangunan

Salah satu tips memilih asuransi kebakaran lainnya yakni dengan melihat kondisi bangunan yang Anda tempati. Kondisi properti ini penting guna menentukan berapa besar premi yang harus dibayarkan setiap bulannya. Semakin tinggi nilai bangunan, semakin besar pula preminya.

Guna mendapatkan premi yang terjangkau, pastikan kembali hunian atau bangunan Anda tersebut berada di lokasi yang jauh dari kawasan yang rawan seperti area industri atau padat penduduk. Malahan, lebih bagus lagi jika Anda juga mempunyai sistem pemadaman kebakaran yang baik.

Pastikan juga untuk selalu memberikan informasi yang jelas dan jujur saat akan mendaftar asuransi kebakaran. Mulai dari harga pasar bangunan tersebut, jenis bahan yang digunakan, bahkan kerusakan minor yang sangat mungkin berpengaruh pada nilai bangunan tersebut.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Manfaat Asuransi Kebakaran Untuk Aset Anda

3. Perhatikan layanan dan produk yang tersedia

Asuransi kebakaran banyak mencakup layanan dan produk guna melindungi bangunan dan properti dari risiko kebakaran yang dapat terjadi kapan saja. Umumnya, cakupan layanan yang dimiliki terkait risiko korsleting listrik, bencana alam, dan sebagainya.

Akan tetapi, tidak semua layanan asuransi kebakaran tersebut mempunyai layanan tambahan seperti proteksi dari kerusuhan, kerusakan bangunan, hingga perlindungan hunian sementara. Oleh karena itu, penting untuk melihat kembali produk yang tersedia dan seberapa lengkap layanan yang ada.

4. Cermati ulang proteksi tambahannya

Mencermati proteksi tambahan yang disediakan menjadi salah satu tips memilih asuransi kebakaran yang juga sangat penting untuk diperhatikan. Proteksi tambahan ini tentunya berada di luar proteksi umum yang memang sudah disediakan secara pokok oleh pihak asuransi.

Jika rumah atau bangunan Anda berada di kawasan yang rawan, ada baiknya jika Anda memilih proteksi tambahan sehingga mengurangi risiko yang lebih besar terjadi. Bangunan yang ada di dekat hutan, kawasan industri, hingga padat penduduk menjadi area yang dinilai rentan.

Sejumlah polis juga mencakup tanggung jawab hukum apabila terjadi kebakaran dan kerusakan properti pada bangunan tersebut. Dengan begitu, Anda dapat menikmati proteksi secara lebih menyeluruh tanpa mengorbankan aset-aset lain yang dimiliki. 

5. Pastikan biaya dan proses klaim

Salah satu masalah yang kerap terjadi dalam pengajuan asuransi adalah kegagalan dalam melakukan klaim. Setiap perusahaan asuransi tentu memiliki ketentuan tersendiri dalam pengajuan klaim untuk asuransi kebakaran sehingga harus diperhatikan sedetail mungkin.

Proses klaim yang membutuhkan waktu dengan pencairan dana selama beberapa hari tentu juga menjadi salah satu pertimbangan saat akan memilih asuransi kebakaran. Anda wajib mempertimbangkan setiap pilihan asuransi yang ada guna mendapat layanan terbaik.

Itulah beberapa tips memilih asuransi kebakaran yang sangat penting untuk Anda ketahui supaya tidak mengalami kerugian dan salah memilih produk yang tepat. Pastikan juga untuk memilih perusahaan asuransi yang terpercaya guna mendapatkan layanan dan produk terbaik.

Pertimbangkan MPMI Insurance sebagai salah satu asuransi properti dan jasa terbaik guna meminimalisir risiko yang sangat mungkin terjadi. Segera hubungi agen asuransi kami untuk mendapatkan informasi dan penawaran spesial!

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo