Pahami Pengertian Asuransi, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

meta icon

Mendengar kata asuransi mungkin akan menjadi sedikit trauma bagi sebagian orang. Kurang informasi mengenai asuransi memang memberikan risiko yang cukup besar bagi calon pembeli polis asuransi apalagi jika bertemu dengan sales asuransi yang tidak bertanggung jawab dan hanya mengejar target. Sebelum membeli produk asuransi, mengetahui kelebihan asuransi hingga risiko yang bisa terjadi menjadi poin cukup penting.

Pemahaman yang kurang mengenai agen asuransi membuat sebagian besar orang ragu untuk mengikuti produk asuransi tersebut. Padahal jika dipahami secara betul dan dilakukan pada perusahaan asuransi yang berlisensi akan memberikan banyak manfaat termasuk dalam menghadapi risiko. 

Oleh karena itu, sudah seharusnya Anda mengerti dan paham mengenai asuransi untuk kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.

Apa Itu Asuransi?

Asuransi merupakan perjanjian di antara dua belah pihak yaitu perusahaan asuransi dan pemegang polis. Secara umum, asuransi merupakan perjanjian yang dilakukan oleh dua pihak di mana pihak pertama memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah uang sesuai polis asuransi yang dibeli dan pihak kedua menjadi penjamin sepenuhnya apabila pemilik polis terjadi risiko.

Secara pengertiannya, asuransi menjadi kegiatan yang mengikat kedua belah pihak. Saling membangun ikatan dan rasa percaya tentu harus dilakukan untuk menjadikan asuransi ini memberikan manfaat. Untuk itu, sebelum menentukan asuransi mana yang akan digunakan, pahami terlebih dahulu kelebihan asuransi atau manfaatnya.

Baca Juga: 9 Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional

Memilih produk asuransi maka Anda harus mempersiapkan untuk pembayaran premi bulanan atau tahunan pada perusahaan asuransi. Management keuangan yang baik sudah seharusnya diterapkan dalam kehidupan finansial Anda sehingga sebelum mendapatkan manfaat dari polis asuransi yang diikuti, Anda pun memiliki kemampuan untuk membayar premi tersebut.

Pembayaran premi asuransi dapat dilakukan secara mudah melalui pembayaran perbankan baik offline maupun online. Kelebihan asuransi yang dimiliki beberapa perusahaan asuransi terkemuka biasanya memberikan layanan aplikasi yang dapat diakses melalui ponsel pintar Anda. Anda dapat memantau proteksi dan investasi sebagai pemegang polis hanya dalam genggaman Anda.

7 Manfaat Asuransi Bagi Pemegang Polis

Setelah dipahami mengenai pengertian asuransi yaitu adanya dua belah pihak yang saling berkaitan maka sebaiknya Anda memilah dan memilih secara cermat polis asuransi yang akan digunakan termasuk perusahaan penyedia jasa asuransi. 

Jika dipahami secara benar, memiliki polis asuransi ternyata memberikan manfaat yang cukup banyak bukan hanya sebagai pihak kedua pemilik polis saja akan tetapi bisa dirasakan oleh ahli waris polis.

Secara umum, pemegang polis asuransi dianggap tidak mendapatkan kelebihan asuransi atau manfaat asuransi yang diikuti. Pemegang polis hanya akan merasakan pada saat mendapati risiko saja. Ternyata setelah dipahami mengapa seorang individu harus memiliki asuransi karena banyaknya manfaat yang dapat dirasakan.

Berikut beberapa keuntungan asuransi bagi pemilik asuransi adalah:

a. Hidup Menjadi Tenang

Hidup yang cukup berliku tentu tidak akan memberikan ketenangan selamanya. Hidup yang damai dan tenang bisa berubah kapan saja apabila terjadi risiko. Ada banyak kemungkinan risiko buruk terjadi dan mengganggu kebutuhan finansial Anda. 

Oleh karena itu, banyak pilihan produk asuransi dari perusahaan asuransi yang tersebar luas di masyarakat yang dapat digunakan untuk menjadikan kehidupan Anda menjadi memiliki penjamin.

Penjamin asuransi atau perusahaan asuransi akan memberikan rasa tenang bagi para pemegang polis apabila terjadi risiko. Memegang polis asuransi akan memberikan jaminan tentang risiko terburuk dalam hidup setiap pemegang polis. 

Risiko yang terjadi pada pemegang polis pun akan memiliki solusi yang tidak akan mengganggu kehidupan Anda. Meskipun tidak dapat menghilangkan risiko terhadap pemilik polis akan tetapi membantu meringankan dampak dari risiko tersebut.

b. Terjamin Rasa Aman dan Perlindungan

Rasa aman dan perlindungan menjadi hak bagi setiap individu. Polis asuransi akan menjamin rasa aman dan perlindungan pada pemilik polis. Sifat asuransi sebagai proteksi merupakan kelebihan asuransi yang harus Anda perhitungkan. 

Setiap objek aset yang Anda miliki tercover asuransi maka apabila terjadi risiko termasuk dalam diri Anda sebagai pemegang polis tidak akan mengganggu keadaan finansial Anda karena adanya pengeluaran yang tidak diduga sebelumnya.

Perusahaan asuransi yang bertanggung jawab akan menjaga setiap keamanan dan juga perlindungan objek terjamin. Pastikan Anda memiliki asuransi sesuai dengan aset yang Anda miliki. 

Kelebihan dari produk asuransi yang diberikan oleh setiap perusahaan asuransi pun berbeda-beda termasuk cara klaim apabila terjadi risiko. Pastikan Anda membaca secara betul polis asuransi sehingga setiap risiko terkecil pun dapat dijamin oleh penyedia jasa asuransi.

c. Instrumen Pengalihan Risiko

Asuransi akan memberikan manfaat pada pemilik polis yaitu pada saat terjadi risiko. Memang benar, selama tidak terjadi risiko pada pemilik polis akan terasa merugikan apalagi jika tidak memiliki persiapan apa pun. 

Pemilik polis harus membayarkan sesuai harga produk asuransi yang dipilih setiap tahunnya bahkan setiap bulannya yang biasa disebut premi. Premi asuransi ini harus disesuaikan dengan kemampuan Anda selain memperhatikan manfaat yang diberikan.

Padahal jika Anda memahami secara betul, produk asuransi bisa dijadikan sebagai instrumen dalam pengalihan risiko. Adanya risiko yang terjadi tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan risiko kerugian pada finansial Anda. 

Ketidaksiapan biaya yang harus dikeluarkan sangat mengganggu dalam keadaan keuangan Anda. Untuk itu, kelebihan utama asuransi sebagai instrumen pengalihan risiko akan membantu memperkecil dampak kerugian yang akan Anda peroleh.

d. Distribusi Adil dari Biaya dan Manfaat Asuransi

Banyaknya pilihan objek yang dapat dicover asuransi maka Anda harus cermat memilih objek mana saja yang harus tercover asuransi. Biasanya memilih produk asuransi akan berkaitan erat dengan biaya yang dikeluarkan dan juga manfaat yang akan diperoleh. 

Perusahaan asuransi akan menawarkan beberapa premi asuransi yang berbeda-beda sesuai manfaat yang ditawarkan. Oleh karena itu, perhitungkan terlebih dahulu sebelum memutuskan asuransi mana yang akan digunakan.

Perusahaan asuransi akan mendistribusikan biaya dan juga manfaat secara adil bagi pemegang polis. Semakin besar kerugian yang ditimbulkan dari risiko yang terjadi maka akan semakin besar pula biaya yang dikeluarkan oleh pemegang polis. 

Sedangkan, jika kerugian yang ditimbulkan kecil maka pemegang polis akan dikenakan biaya yang rendah pula. Harus cermat ya bestie, agar memberikan manfaat yang luar biasa!

e. Memberikan Kepastian

Produk asuransi yang Anda miliki akan memberikan kepastian pada kehidupan finansial Anda. Risiko yang tidak terduga dengan menimbulkan kerugian yang cukup besar dan mungkin akan mengganggu keadaan finansial Anda jika tidak tercover asuransi tentu akan memberatkan. Namun, jika Anda memiliki produk asuransi pada aset yang tepat maka akan memberikan kepastian finansial yang harus dikeluarkan untuk klaim asuransi.

Kepastian dalam hidup termasuk dari segi finansial akan memungkin kesejahteraan dalam kehidupan Anda. Oleh karena itu, memiliki setidaknya satu produk asuransi akan memberikan jaminan kepastian hidup yang luar biasa. Pastikan memilih asuransi yang mudah untuk proses klaimnya ya bestie!

f. Media Investasi Masa Depan

Tidak hanya dijadikan sebagai instrumen untuk mencegah risiko yang terjadi dalam kehidupan finansial Anda, asuransi ini juga bisa dijadikan sebagai investasi masa depan. 

Sudah banyak perusahaan asuransi yang memberikan layanan proteksi dan juga investasi yang termasuk dalam produk asuransi yang ditawarkannya. Dengan begitu, Anda akan memiliki masa depan sesuai dengan perencanaan.

Asuransi sebagai media investasi masa depan akan memberikan banyak manfaat bagi pemilik polis. Tidak harus terjadi risiko terlebih dahulu untuk mengklaim asuransi akan tetapi adanya penawaran dana asuransi dapat dikembalikan pada saat selesai kontrak maka bisa dijadikan sebagai ladang investasi.

Biasanya calon pemegang polis diberikan pilihan jangka waktu kontrak asuransi mulai dari 5 tahun, 7 tahun dan juga 10 tahun. Asuransi dengan penawaran tersebut sangat bagus untuk Anda pilih sehingga risiko kehilangan uang yang disetorkan bertahun-tahun akan hilang.

g. Membantu Mengelola Keuangan Secara Baik

Pembayaran premi asuransi yang dilakukan secara rutin baik bulanan maupun tahunan ternyata memberikan efek yang cukup baik dalam kehidupan individu. Dengan kebiasaan tersebut, maka secara tidak langsung Anda akan memiliki kecenderungan untuk mengumpulkan uang secara rutin dan konsisten sesuai dengan jumlah yang diharapkan.

Pengelolaan keuangan rumah tangga secara baik akan memberikan keluwesan dalam menghadapi segala risiko yang berhubungan dengan finansial. Mengelola uang secara baik akan mengurangi ketidaksiapan apabila dibutuhkan dana darurat atau dana persiapan uang masa depan. Oleh karena itu, banyaknya manfaat yang bisa Anda rasakan, sangat wajar sekali jika setiap individu memiliki polis asuransi.

8 Jenis-jenis Asuransi yang Harus Dipahami!

Melihat manfaat asuransi tersebut maka idealnya setiap individu memiliki asuransi sebagai penjamin kehidupannya. Asuransi memang tidak menjadikan risiko itu hilang akan tetapi apabila terjadi risiko akan tetapi memperkecil dampak buruk apabila terjadi risiko. Hal ini akan memberikan manfaat memang bukan untuk waktu dekat akan tetapi dapat dirasakan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Ada banyak sekali produk asuransi yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan asuransi dengan banyak kelebihannya. Perusahaan asuransi akan menawarkan berbagai layanan yang memberikan kemudahan bagi pemegang polis. Oleh karena itu, Anda harus memilih secara tepat dan sesuai sasaran tujuan asuransi tersebut.

Berikut produk dan kelebihan asuransi yang harus Anda pahami sebelum memutuskan untuk membeli polis asuransi adalah:

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang cukup umum dan banyak dikenal oleh masyarakat secara luas. Berbicara mengenai asuransi maka produk asuransi kesehatan yang pasti terlintas dalam benak individu.

Asuransi kesehatan ini memberikan jaminan penanganan apabila terjadi risiko penyakit atau pun pemegang polis mengalami kecelakaan. Bahkan beberapa perusahaan asuransi mengelompokkan penyakit yang dapat dicover asuransi kesehatan termasuk asuransi yang diperuntukkan penyakit akut.

Asuransi kesehatan secara umum menjamin biaya perawatan bagi pemegang polis. Selain itu beberapa perusahaan asuransi memberikan jaminan pembayaran dana tunai untuk ketersediaan dana pengobatan dan juga penyakit tertentu.

Asuransi kesehatan ini termasuk kelebihan asuransi pada produk proteksi yang sudah selayaknya dimiliki oleh semua individu karena tidak ada yang tahu penyakit apa di masa mendatang yang akan mengancam risiko kesehatan Anda.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa masuk ke dalam produk asuransi yang wajib Anda punya. Apalagi jika Anda termasuk kepala keluarga dan menanggung semua biaya kehidupan keluarga. Asuransi jiwa merupakan asuransi yang diperuntukkan untuk menanggung pemegang polis apabila meninggal dunia atau mengalami cacat jiwa sehingga tidak ada kekhawatiran mengenai keuangan keluarga.

Asuransi jiwa sangat memberikan manfaat bagi keluarga pemilik polis apabila terjadi risiko. Sebagai contoh, seorang kepala keluarga mengalami kecelakaan dan mengakibatkan cacat total atau bahkan meninggal dunia, otomatis akan memberikan efek pada finansial keluarga terguncang.

Dengan kepala keluarga tersebut memiliki polis maka anggota keluarga atau ahli waris dapat mengklaim asuransi yang dimiliki kepala keluarga tersebut untuk menunjang kehidupan selanjutnya termasuk untuk biaya perawatan akibat risiko cacat total.

3. Asuransi Kendaraan

Kendaraan sebagai aset finansial sudah selayaknya tercover asuransi. Banyaknya risiko yang dapat terjadi pada kendaraan tentu akan memberikan kerugian yang cukup besar apabila tidak dibantu oleh pihak asuransi. Namun, tidak semua kendaraan harus Anda asuransikan akan tetapi Anda dapat menentukan kendaraan mana yang memiliki mobilitas keluar lebih sering untuk diasuransikan dan memiliki risiko tinggi.

Perusahaan asuransi akan memberikan jaminan risiko kecelakaan lalu lintas, pencurian, kebakaran hingga kerusakan dari perbuatan orang yang tidak bertanggung jawab dari produk asuransi kendaraan yang Anda miliki. 

Adanya jaminan pasti atas kerugian yang mungkin timbul dari kendaraan Anda miliki maka tidak akan mengganggu ploting keuangan bulanan Anda. Kelebihan asuransi kendaraan selain tidak mengeluarkan biaya yang besar saat terjadi risiko jika dapat meningkatkan harga jual kendaraan.

4. Asuransi Properti

Bagi Anda yang memiliki aset properti yang cukup banyak dan juga berharga, asuransi properti cukup penting untuk menunjang keamanan properti yang Anda miliki. Asuransi ini akan mengcover kerugian atas risiko yang dialami pemegang polis berupa kerusakan properti atau masalah yang ditimbulkan dari keadaan yang tidak terduga seperti bencana alam atau pun kebakaran.

Dalam memilih asuransi properti ini, Anda harus cermat membaca setiap poin-poin dari produk asuransi tersebut. Tidak semua perusahaan memberikan kebebasan klaim asuransi properti dengan berbagai alasan tertentu termasuk kesalahan yang diakibatkan oleh diri sendiri. 

Kecermatan dan ketelitian dalam membaca polis asuransi properti ini akan memberikan dampak yang positif untuk Anda apabila terjadi risiko akan memberikan keuntungan yang cukup besar dan terhindar dari kerugian.

5. Asuransi Pendidikan

Jenis asuransi ini memberikan jaminan berupa biaya pendidikan anak. Namun, Anda sebagai orang tua juga bisa mendapatkan manfaat perlindungan jiwa sebagai pemilik polis. 

Untuk produk ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu dwiguna dan unit link. Dwiguna merupakan produk asuransi yang merupakan gabungan antara proteksi jiwa dengan instrumen pasar atau deposito. 

Jenis dwiguna ini akan memberikan perlindungan biaya pendidikan anak ketika orang tuanya secara mendadak cacat total hingga tidak bisa mencari nafkah ataupun meninggal dunia. Sementara asuransi unit link merupakan gabungan antara asuransi jiwa dengan investasi. 

6. Asuransi Jaminan Hari Tua

Jenis dari produk asuransi hari tua ini memberikan proteksi pada pemegang polis saat sudah masuk dalam usia pensiun. Yang mana pada usia tersebut, seseorang sudah tidak produktif untuk mendapatkan uang.

Polis ini menjadi sangat penting, terutama bagi Anda yang memiliki pekerjaan tanpa adanya dana pensiun dari tempat Anda bekerja. 

7. Asuransi Bisnis

Bisnis yang dijalankan tidak selamanya berjalan mulus dan memiliki potensi risiko yang cukup besar. Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat pelaku bisnis harus pandai dalam memutar otak sehingga dapat mengembangkan bisnis secara baik dan terhindar dari risiko kerugian. Sayangnya, tidak semua risiko dapat diatasi dengan mudah termasuk risiko gulung tikar karena habisnya modal produksi. Lalu bagaimana solusinya?

Asuransi bisnis dari beberapa produk yang ditawarkan perusahaan asuransi seharusnya menjadi solusi yang tepat. Asuransi bisnis memberikan jaminan keselamatan bisnis apabila bisnis mengalami jatuh dan berhenti. Dengan begitu, asuransi bisnis ini akan memberikan perlindungan pada bisnis Anda sehingga tetap dapat berjalan sedemikian rupa tanpa terguncang oleh beberapa faktor risiko.

8. Asuransi Perjalanan

Asuransi yang cukup penting dan tidak boleh dilewatkan namun sering diabaikan oleh sebagian besar orang adalah asuransi perjalanan. 

Asuransi perjalanan merupakan produk asuransi yang akan memberikan kelebihan asuransi berupa pertanggungjawaban secara penuh selama pemegang polis melakukan perjalanan baik antar kota ataupun antar negara sebagai destinasi liburan yang menyenangkan dan mengesankan.

Sudah banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi perjalanan dengan premi yang terjangkau. 

Dengan mengikuti asuransi perjalanan, ada banyak sekali manfaat yang dirasakan mulai dari adanya perlindungan jiwa apabila terjadi risiko selama melakukan perjalanan termasuk kecelakaan, adanya pertanggungan biaya pengobatan medis jika terdapat gangguan kesehatan, risiko kehilangan dan kerusakan barang bawaan yang kerap kali terjadi hingga risiko pembatalan perjalanan karena adanya keterbatasan waktu.

Tidak ada batasan individu untuk memiliki asuransi. Selama Anda mampu membayar premi asuransi tersebut maka Anda dapat memilih beberapa asuransi sekaligus dalam membuka polis. 

Semakin banyak produk asuransi yang Anda pilih maka akan semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar premi. Akan tetapi, Anda akan memiliki jaminan ketenangan hidup karena semua risiko dapat diatasi oleh asuransi.

Setelah memahami pengertian, manfaat dan juga jenis asuransi, maka Anda tidak boleh asal pilih agen perusahaan asuransi yang akan digunakan. Kredibilitas perusahaan asuransi pun harus menjadi pertimbangan agar terhindar dari kasus asuransi bodong. MPM Insurance bisa Anda jadikan sebagai pilihan perusahaan asuransi yang tepat. Sudah kenalkah Anda dengan asuransi yang satu ini?

MPM Insurance merupakan perusahaan asuransi terbaik dengan jenis asuransi terlengkap. Anda dapat menggunakan layanan asuransi dari MPM Insurance sesuai dengan kebutuhan Anda termasuk dari segi proteksi dan investasi. 

Untuk apply dan klaim asuransi pun bisa dilakukan secara online sehingga bisa dilakukan di mana saja tanpa batasan ruang dan waktu. Kelebihan asuransi MPM aslinya cukup banyak dirasakan pemegang polis, jangan salah pilih asuransi ya bestie!

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo