MOP Asuransi, Kenali Manfaat dan Kelebihannya

meta icon

MOP Asuransi, Kenali Manfaat dan Kelebihannya

Apakah Anda tahu apa itu MOP asuransi? Dalam dunia logistik, Marine Open Policy (MOP) adalah program khusus asuransi freight forwarding. Program asuransi ini sebenarnya telah lama berkembang terutama di industri ekspor dan impor.

Apa Itu MOP Asuransi?

Marine Open Policy (MOP) adalah jenis polis asuransi yang dirancang untuk melindungi risiko terkait pengiriman atau perdagangan barang yang menggunakan jalur maritim (laut). Asuransi ini diperuntukkan bagi pebisnis yang memiliki volume transportasi barang rutin dan dalam jumlah banyak.

Siapa yang berkah mengasuransikan barang tersebut? Jika dalam ekspor-impor, pihak tertanggung adalah importir (pembeli), premi asuransi menjadi tanggungan importir di luar negeri. Importir pun biasanya akan membeli asuransi dari negara asalnya masing-masing.

Apabila tertanggung adalah eksportir (penjual), premi asuransi adalah tanggung jawab eksportir yang ada di Indonesia. Meski demikian, untuk berjaga-jaga para importir juga membeli asuransi dari negaranya.

Baca Juga: Ini Loh Pentingnya Beli Asuransi Perjalanan, Bikin Tenang!

Praktik seperti ini sudah dilakukan oleh banyak negara. Sayangnya, di Indonesia para pelaku industri ini masih belum memprioritaskan penggunaan asuransi yang ada di dalam negeri.

MOP memberikan perlindungan untuk semua barang yang ada dalam perjalanan laut yang termasuk dalam polis asuransi. Pada polis asuransi biasanya mencantumkan beberapa hal berikut.

1. Siapa pihak tertanggung dan siapa pihak penanggung (perusahaan asuransi)

2. Negara atau tempat dari dan ke mana barang yang diasuransikan

3. Deskripsi umum barang yang akan diasuransikan

4. Nilai maksimum yang harus dibayarkan

5. Bagaimana barang yang diasuransikan akan dinilai

Manfaat Marine Open Policy

Dalam mengambil asuransi marin ini, pastikan polis tunduk pada CIF incoterm atau asuransi biaya dan pengiriman. Dengan mengambil MOP asuransi, ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh, antara lain:

1. Jaminan Komprehensif

Marine Open Policy (MOP) adalah termasuk dalam polis asuransi barang terbuka yang mencakup jumlah pengiriman tak terbatas. Memberikan perlindungan secara komprehensif atas pengiriman barang dari berbagai risiko yang mungkin terjadi selama pengiriman di jalur laut.

Perusahaan akan menanggung sejumlah kerugian atau kerusakan yang tidak sengaja seperti kerusakan fisik pada barang, kehilangan, kecelakaan, hingga tanggung jawab hukum.

2. Efisiensi Biaya

Manfaat lainnya adalah efisiensi biaya karena Anda tidak perlu membeli banyak polis untuk setiap perdagangan atau pengiriman. MOP memungkinkan Anda untuk membeli satu polis asuransi yang mencakup lebih banyak pengiriman dan transit untuk periode tertentu.

Selain itu, Anda juga bisa mendaftarkan tarif asuransi yang lebih kompetitif dengan mengambil satu polis dibandingkan membeli beberapa polis secara terpisah. Teknik ini akan menghemat biaya Anda dengan cukup signifikan untuk jangka panjang.

3. Mengurangi Risiko Bisnis

Marine Open Policy membantu para pengusaha atau pedagang skala besar dalam menghindari risiko buruk dari bisnis. Perlindungan yang lebih kuat dan komprehensif terhadap kerugian pengiriman atau pelayaran akibat insiden yang tidak terduga.

4. Mendukung Pertumbuhan Bisnis Global

Perusahaan dapat lebih percaya diri dalam menjalankan bisnis atau perdagangan internasional yang telah diasuransikan. Ini membuka peluang bagi para pebisnis untuk memperluas jangkauan pasar secara global hingga meningkatkan keuntungan.

5. Kepuasan Pelanggan

Manfaat yang terakhir adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan memiliki MOP asuransi, Anda dapat memberikan kepastian kepada para pelanggan bahwa pengiriman atas barang-barang permintaan mereka dilakukan dengan aman dan terlindungi.

Kelebihan Marine Open Policy

Ada beberapa kelebihan menggunakan Marine Open Policy untuk perdagangan dan pelayaran internasional.

1. Fleksibel karena pertanggungan asuransi dapat memberikan proteksi untuk beberapa pengiriman

2. Pengiriman berturut-turut ditanggung sampai uang pertanggungan habis

3. Prosedur klaim yang memudahkan dan tanpa ribet

4. Kemudahan administrasi dengan jaringan surveyor yang kuat

5. Premi tahunan untuk semua pengiriman dan pelayaran

Pengecualian Umum

Kebijakan mengenai pertanggungan asuransi ini tidak mencakup beberapa kerusakan atau risiko karena hal-hal berikut.

1. Kesalahan yang disengaja oleh tertanggung

2. Ketidakcocokan pengepakan kargo yang diasuransikan

3. Kerusakan karena persiapan kargo yang tidak memadai

4. Segala jenis penurunan berat, volume, kebocoran dan keausan normal yang tidak tercantum pada polis

5. Ketidaklayakan kapal

Itulah beberapa informasi mengenai MOP asuransi yang sangat berharga untuk menjaga perdagangan dan pelayaran dapat berjalan aman di jalur laut yang sangat luas.

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo