Pentingnya Asuransi Perjalanan, Manfaat, Jenis, dan Pertanggungannya

meta icon

asuransi perjalanan

Pentingnya asuransi perjalanan menjadi hal utama bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, baik untuk urusan pekerjaan ataupun sekedar pergi travelling. Asuransi perjalanan dapat menanggung berbagai risiko yang mungkin menimpa Anda saat dalam perjalanan. Misalnya risiko perubahan jadwal perjalanan, kecelakaan, kehilangan harta, dan sebagainya.

Jaminan proteksi ini menjadi hal penting agar perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman. Bahkan terdapat beberapa negara yang sudah mewajibkan asuransi perjalanan sebelum mengunjungi wilayah tersebut.

Pentingnya Asuransi Perjalanan

Jika Anda bertanya soal pentingnya asuransi perjalanan, jelas sangat penting bagi yang mobilitasnya tinggi. Mungkin Anda sering mendapati penyedia jasa pembelian tiket menawarkan asuransi langsung ketika Anda membeli tiket, terutama secara online.

Entah untuk tujuan bisnis ataupun sekadar liburan, pasti semua orang menginginkan perjalanan yang selamat, aman, dan tenang. Yang mana hal ini bisa Anda dapatkan dengan cara membeli asuransi perjalanan.

Terlebih dalam situasi yang tidak menentu, misalnya sudah membeli tiket jauh-jauh hari namun terdapat kendala ketika hendak berangkat. Nah, Anda tidak perlu khawatir kehilangan biaya kalau sudah menggunakan asuransi ini.

Saat ini harga asuransi perjalanan sudah sangat terjangkau yang preminya mulai 15 ribu rupiah. Namun harga tersebut juga bergantung pada pertanggungan yang Anda inginkan, tujuan perjalanan hingga lama perjalanan.

Berbagai jenis pertanggungan bisa Anda dapatkan hanya dengan biaya terjangkau, seperti biaya medis, batalnya jadwal perjalanan, dan sebagainya. Jika masih kurang, Anda juga bisa menambahkan premi untuk proteksi lebih maksimal.

5 Manfaat Asuransi Perjalanan

Lebih lanjut, pentingnya asuransi perjalanan juga bisa Anda lihat dari manfaatnya berikut ini.

Medis

Ketika Anda melakukan perjalanan, ada peluang mungkin Anda mengalami sakit. Asuransi perjalanan akan menjamin biaya pengobatan ketika Anda berada di luar kota atau negara. Sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek ketika mengalami hal ini, terlebih jika perjalanan luar negeri yang mengharuskan biaya lebih tinggi.

Kecelakaan

Kecelakaan menjadi risiko yang menghantui ketika melakukan perjalanan, baik karena cuaca ataupun human error. Apalagi kecelakaan tidak bisa Anda prediksi kapan akan terjadi. Hal ini menjadi suatu kekhawatiran tersendiri.

Baca Juga: Wajib Tahu! Simak Pengertian Premi Asuransi

Asuransi perjalanan mampu menjamin kecelakaan, baik pengobatan ataupun santunan. Apabila tertanggung meninggal dunia, maka pengurusan jenazah hingga pemulangannya sudah menjadi ditanggung perusahaan asuransi.

Ketidaknyamanan dalam Perjalanan

Tidak hanya yang berhubungan dengan kesehatan saja, namun bisa juga berupa ketidaknyamanan saat melakukan perjalanan. Misalnya ketika Anda kehilangan bagasi, keterlambatan pesawat, penggantian tiket ketika perjalanan batal, dan sebagainya.

Bencana Alam dan Terorisme

Bencana alam dan terorisme bisa terjadi kapan pun tanpa bisa Anda prediksi. Hal ini bisa mengakibatkan kerugian, baik mental, finansial ataupun fisik. Segala bentuk kerugian tersebut sudah menjadi tanggungan dari pihak asuransi sehingga Anda lebih aman ketika bepergian.

Santunan Kematian

Tidak ada yang bisa memprediksi kapan kematian akan datang, namun Anda bisa mempersiapkan segalanya. Jika Anda meninggal dalam perjalanan, Anda bisa mendapatkan uang pertanggungan atau santunan yang diberikan pada keluarga. Sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan pihak yang Anda tinggalkan.

Jenis dan Pertanggungan Asuransi Perjalanan

Lalu, apa saja jenis dan pertanggungan dari asuransi perjalanan? Yuk simak berikut ini penjelasannya.

Individual Travel Insurance

Jenis asuransi ini hanya memproteksi satu orang saja untuk perjalanan. Sementara untuk masa berlakunya berakhir saat perjalanan sudah berakhir. 

Nilai yang Anda bayarkan pun relatif terjangkau, bergantung perlindungan apa yang Anda inginkan serta lokasi tujuannya. Semakin jauh tentu preminya akan semakin mahal karena risiko yang menghantui lebih besar pula.

Group Travel Insurance

Apabila Anda ingin melakukan perjalanan secara bersama-sama dengan teman atau keluarga, jenis ini sangat cocok untuk Anda. Semua yang ikut serta dalam perjalanan akan terproteksi maksimal tanpa terkecuali. Biaya yang Anda keluarkan sebenarnya lebih hemat daripada membelinya secara satuan.

Baca Juga: Perbedaan Asuransi Syariah & Konvensional Yang Wajib Anda Ketahui

Single Trip Insurance

Untuk Anda yang jarang bepergian, bisa menggunakan opsi ini. Sebab asuransi ini merupakan proteksi jangka pendek yang hanya menjamin satu kali perjalanan saja.

Annual Trip Insurance

Berbeda jika Anda rutin dalam melakukan perjalanan, jenis ini menjadi pilihan tepat. Sebab, proteksi ini mampu menjamin perjalanan Anda secara rutin dalam kurun satu tahun. Sehingga jika Anda mempunyai agenda perjalanan yang sering, sebaiknya memilih jenis ini.

Berdasarkan Tujuan Perjalanan

Selanjutnya asuransi yang berdasarkan tujuan perjalanan bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sudah menentukan jenis proteksi sesuai tujuan. Katakanlah untuk liburan, Anda bisa memilih asuransi perjalanan wisata.

Namun bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan untuk tujuan bisnis, gunakan asuransi perjalanan bisnis. Sehingga fokus perlindungannya menjadi lebih efisien.

Itulah penjelasan tentang pentingnya asuransi perjalanan, lengkap dengan manfaat dan jenis-jenisnya. Daftarkan segera untuk kenyamanan Anda dalam melakukan perjalanan

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo