Saham Suspend Artinya, Kenapa Saham di Suspend?

meta icon

saham-suspend

Kondisi saham yang sedang suspend (disuspensi) adalah kondisi yang membuat investor was-was. Bagaimana tidak? Saham yang sudah terkena suspend biasanya tidak bisa diperdagangkan lagi melalui bursa efek dalam jangka waktu tertentu. Dengan kata lain, suspensi saham atau saham suspend merupakan aktivitas pemberhentian perdagangan suatu saham dengan alasan tertentu.

Kondisi seperti ini bisa terjadi karena beberapa faktor dan biasanya sangat ditakuti oleh para investor. Faktor yang menyebabkannya juga beragam dan hal ini dapat mempengaruhi jangka waktu saham suspend tersebut. Nah, untuk lebih memahami apa itu saham suspend, faktor yang menyebabkan, solusinya dan informasi lainnya bisa Anda simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Saham Suspend?

Saham suspend merupakan sebuah kondisi yang digunakan saat terjadi penangguhan maupun penghentian dagang saham dalam jangka waktu tertentu. 

Biasanya saham yang sudah terkena suspensi tidak bisa diperdagangkan hingga statusnya dicabut oleh yang berwenang dan di sini adalah Bursa Efek Indonesia atau BEI. Penangguhan ini biasanya salah satu langkah intervensi dari pihak BEI untuk menjaga perdagangan efek teratur, efisien dan wajar.

Saham suspend juga merupakan larangan sementara waktu untuk melakukan perdagangan di Busa untuk Anggota Bursa Efek maupun personil yang diberikan kuasa maupun tanggung jawab dalam melakukan perdagangan efek. 

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan saham suspend, seperti contohnya perintah dari lembaga keuangan, terjadi pelanggaran di bursa efek, permintaan langsung dari perusahaan emiten saham yang bersangkutan dan lainnya.

Faktor-Faktor Penyebab Saham Suspend

Saham suspend bisa terjadi tanpa sebab dan tentu saja ada banyak alasan mengapa emiten mendapatkan status tersebut. Beberapa faktor penyebab saham suspend adalah:

1. Status Saham UMA

Salah satu faktor yang menyebabkan saham suspend adalah karena kondisi perusahaan tersebut bergerak terus menerus dan dalam batas kewajaran sehingga akan mendapatkan status Unusual Market Activity atau UMA dari BEI dan akhirnya akan diberikan suspensi saham. Biasanya perusahaan yang dikenakan status UMA oleh BEI tidak semuanya akan diberikan suspensi saham atau saham suspend.

Status UMA bisa dicabut jika di perdagangan berikutnya kembali wajar seperti pada umumnya. Saham dengan kategori UMA merupakan saham gorengan sebab mempunyai kinerja yang buruk dan valuasi yang rendah. Hal ini bisa menyebabkan pergerakannya tidak wajar dan kemudian akan diberikan saham suspend.

2. Keterlambatan Menyerahkan Kewajiban BEI

Faktor yang menyebabkan saham suspend kedua adalah dikarenakan perusahaan tersebut terlambat menyerahkan kewajiban ke BEI. Perusahaan akan mempunyai kewajiban yang harus diserahkan dengan jangka waktu tertentu, seperti denda keterlambatan, laporan keuangan, biaya listing tahunan dan yang lainnya. Apabila perusahaan mengalami keterlambatan menyerahkan kewajiban tersebut sesuai dengan deadline yang diberikan, maka akan diberikan sanksi saham suspend.

3. Opini Audit Laporan Keuangan Perusahaan Disclaimer

Perusahaan emiten maupun perusahaan publik umumnya jadi anggota bursa dan mereka harus memenuhi semua syarat sehat keuangan. Opini audit laporan keuangan perusahaan akan terlihat terpenuhi atau tidak apabila melihat hasilnya. Apabila selama 2 periode secara berturut-turut perusahaan tersebut mendapatkan opini disclaimer atau adverse, maka akan menyebabkan perusahaan tersebut mendapatkan sanksi saham suspend.

Meski begitu, bagi perusahaan yang ingin kembali bisa berdagang efek di pasar tunai serta reguler harus mendapatkan opini akuntan yang wajar. Nantinya BEI akan mencabut status saham suspend kepada perusahaan ketika sudah mendapatkan laporan dari akuntan publik.

4. Perusahaan Bangkrut / Mengajukan PKPU

Faktor penyebab saham suspend keempat adalah bisa jadi karena perusahaan bangkrut atau mengajukan PKPU. Bagi perusahaan dengan kondisi keuangan tidak sesuai dengan syarat perdagangan efek dalam pasar modal, seperti pailit atau bahkan terjadi kebangkrutan, maka bisa dikenakan saham suspend.

Meski sudah diberlakukan saham suspend, perusahaan tersebut bisa mendapatkan kewajiban untuk menyampaikan perkembangan gugatan Permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang atau sering disebut dengan PKPU. Status saham suspend akan dicabut oleh BEI apabila hasil keputusan pailit ditolak oleh pengadilan atau ada perjanjian damai.

5. Perusahaan Tidak Transparan Memberikan Informasi

Faktor penyebab saham suspend kelima adalah dikarenakan perusahaan tidak transparan dalam memberikan informasi. Perusahaan wajib memberikan informasi peristiwa penting yang bisa berpengaruh terhadap keputusan investasi pemodal, seperti akuisisi dan merger. Apabila perusahaan tersebut tidak memberikan informasi yang penting secara terbuka bisa timbul rumor dan pada akhirnya akan menyebabkan pergerakan saham secara tidak wajar.

BEI sebagai pengawas bisa memberikan sanksi saham suspend kepada perusahaan yang tidak memberikan informasi secara transparan seperti pada kasus ini. Suspend juga bisa dicabut dengan syarat perusahaan terbuka memberikan informasi serta memberikan penjelasan mengenai alasan tidak mengungkapkan kejadian penting yang telah terjadi.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan suatu perusahaan bisa mendapatkan sanksi saham suspend oleh BEI.

Cara Mengetahui Perusahaan yang Terkena Saham Suspend

Bagi Anda penasaran perusahaan yang terkena sanksi saham suspend, bisa mengeceknya melalui situs resmi Indonesia Stock Exchange. Di sana ada informasi mengenai surat resmi saham-saham yang dikenakan sanksi suspend, unsuspend sampai perusahaan yang terkena UMA secara detail dan lengkap. Salah satu contoh perusahaan yang terkena sanksi suspend adalah PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL).

SRIL sudah di suspend oleh semua pasar dan juga jangka suspensinya kurang lebih dalam 24 bulan atau 2 tahun. Pemberian sanksi suspensi diberikan mulai dari 18 Mei 2021 dan nantinya akan berakhir pada 18 Mei 2023.

Jangka Waktu Suspend Saham

Perusahaan atau emiten yang telah mendapatkan sanksi saham suspend tidak bisa mengetahui berapa lama sanksi tersebut diberikan. Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di mana setiap faktor yang menyebabkan suspensi saham bisa menyebabkan jangka waktu sanksi yang diberikan berbeda-beda. Sanksi saham suspend dapat terjadi dikarenakan perusahaan tidak yakin bisa bertahan di pasar atau tidak, terjadi kebangkrutan, melanggar regulasi perdagangan dan yang lainnya.

Biasanya jangka waktu pemberian sanksi saham suspend kepada perusahaan disesuaikan dengan berat jenis pelanggaran yang mereka lakukan. Anda juga bisa mengecek status UMA, pencabutan suspensi saham dan suspensi saham di menu berita di situs resmi Indonesia Stock Exchange untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.

Perlu diketahui, bahwa jangka waktu pemberian sanksi yang diberikan apabila terlalu lama bisa menyebabkan perusahaan mengalami penghapusan pencatatan saham dalam lantai bursa maupun force delisting. Dengan begitu, saham tidak bisa diperdagangkan lagi secara bebas di dalam pasar dan juga menyebabkan investor mengalami kerugian.

Keputusan unsuspend pada perusahaan yang sudah diberikan sanksi diatur oleh BEI. Kemungkinan perusahaan mendapatkan sanksi suspend dalam hitungan hati hingga tahun sesuai dengan jenis pelanggaran yang mereka lakukan dan pemenuhan syarat di perusahaan yang berkaitan.

Jenis Sanksi Suspend Saham

Ada 5 jenis sanksi yang diberikan oleh BEI kepada perusahaan atau emiten yang sudah terkena sanksi saham suspend. Sanksi tersebut diberikan sesuai dengan seberapa berat pelanggaran yang mereka lakukan. Jenis-jenis sanksi yang diberikan oleh BEI terhadap perusahaan tersebut adalah:

1. Denda maksimal Rp. 500 juta

Urutan pertama sanksi yang akan diberikan oleh BEI bagi perusahaan yang melakukan pelanggaran atau faktor lainnya adalah akan diberikan sanksi paling besar Rp. 500.000.000.

2. Teguran Secara Tertulis

Urutan yang kedua adalah perusahaan tersebut akan diberikan teguran secara tertulis oleh BEI apabila terjadi pelanggaran atau kondisi lainnya yang menyebabkan perusahaan mendapatkan sanksi saham suspend.

3. Peringatan Secara Tertulis

Setelah perusahaan tersebut mendapatkan teguran secara tertulis, namun tidak ada perubahannya selanjutnya akan diberikan peringatan secara tertulis. BEI tidak akan langsung memberikan sanksi kepada perusahaan, namun akan melakukan evaluasi hingga memberikan kesempatan kepada perusahaan memberi pembelaan sebelum mendapatkan sanksi.

4. Larangan Sementara Melakukan Perdagangan di Bursa

Sanksi yang diberikan oleh perusahaan yang melakukan pelanggaran atau sesuai dengan faktor di atas, maka akan mendapatkan larangan sementara melakukan perdagangan di bursa.

5. Penghapusan Keanggotaan

Nah, terakhir BEI akan menghapus perusahaan sebagai keanggotaan. Artinya perusahaan tersebut sudah tidak bisa lagi melakukan perdagangan di bursa. Seperti yang kita ketahui, bagi perusahaan yang ingin berdagang di bursa harus menjadi keanggotaan dan memenuhi semua syarat-syaratnya.

Seperti itulah urutan sanksi yang diberikan kepada perusahaan yang melakukan pelanggaran atau beberapa faktor lain yang bisa menjadikan mereka mendapatkan sanksi saham suspend oleh pihak yang terkait, yaitu BEI.

Solusi Saat Terkena Suspend Saham

Bagi perusahaan yang telah mendapatkan sanksi saham suspend oleh BEI, sebenarnya ada beberapa solusi yang bisa dilakukan. Nah, di bawah ini merupakan 2 pilihan solusi yang bisa dilakukan oleh perusahaan agar status suspend dicabut dan bisa kembali menjual saham, yaitu:

1. Menunggu Pencabutan Status Saham Suspend

Salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh perusahaan apabila dikenakan sanksi saham suspend adalah menunggu sampai pencabutan status suspend yang dilakukan oleh BEI. Apabila perusahaan tetap menunggu status suspend dicabut, maka kemungkinan besar harga saham akan berpotensi mengalami kenaikan.

Namun, apabila Anda tidak tahu kapan pencabutan suspend dilakukan oleh BEI karena bisa jadi dalam hitungan hari, bulan, tahunan atau bahkan tidak dibuka sama sekali atau dilakukan penghapusan keanggotaan. Hal ini bisa menyebabkan perusahaan Anda tidak bisa melakukan perdagangan lagi karena telah dihapus dari keanggotaannya. Apalagi saham yang tidak dibuka bisa terancam forced delisting dan menyebabkan mengalami kerugian yang besar.

2. Menjual Saham yang Berstatus Suspend

Solusi kedua yang bisa dilakukan perusahaan adalah menjual saham yang terkena suspend. Solusi ini bisa dilakukan dan Anda bisa mencoba jual melalui pasar negosiasi. Langkah ini sangat menguntungkan dengan saham yang berstatus suspend karena bisa menekan angka kerugian, khususnya apabila ada investor ingin membelinya.

Kekurangannya apabila menjual saham yang berstatus suspend adalah investor jadi kurang berminat dengan saham karena pemberian status saham suspend tersebut. Seperti yang kita ketahui perusahaan yang mendapatkan sanksi suspend berisiko mengalami kerugian yang besar di kemudian hari bahkan sudah tidak bisa lagi melakukan perdagangan di bursa.

Apabila ada investor yang berminat untuk membelinya, kemungkinan saham tersebut ditawar dengan harga yang sangat rendah dari harga pasar sebelum dikenakan sanksi suspend. Itulah sebabnya Anda harus pintar dalam menentukan langkah atau solusi yang akan diambil jika terjadi hal semacam ini.

Apakah Saham Suspend Dapat Dijual?

Suspensi saham merupakan saham yang sedang ditangguhkan untuk melakukan kegiatan jual beli di pasar saham atau bursa. Pasti banyak perusahaan yang berpikiran ingin menjual saham mereka di tengah statusnya terkena suspensi atau suspend oleh BEI. Langkah ini bisa dilakukan dengan cara menghubungi sekuritas yang terkait dan memberikan penawaran ingin menjual saham di pasar negosiasi.

Pasar negosiasi adalah pasar jual beli efek dengan cara negosiasi atau melalui tawar menawar oleh individu. Proses tawar menawar ini dilakukan melalui perusahaan sekuritas. Itulah sebabnya apabila perusahaan sekuritas memberikan fasilitas pasar negosiasi, Anda bisa memasang harga jual dan juga jual harga yang lebih rendah dibandingkan dengan pasar reguler.

Jual harga yang lebih rendah di pasar reguler maupun aksi cut loss bisa menyebabkan terjadinya kerugian yang cukup besar. Hal ini tentu saja jauh lebih baik dibandingkan perusahaan yang mengalami kerugian atau pailit dan terjadi delisting, maka tidak akan bisa melakukan klaim sama sekali. Investasi memiliki risiko dan saham termasuk salah satunya yang memiliki risiko yang tinggi.

Itulah sebabnya, banyak yang memberikan saran melakukan strategi diversifikasi portofolio agar bisa mengurangi potensi kerugian besar apabila delisting terjadi. Diversifikasi portofolio merupakan kegiatan menaruh modal ke sejumlah jenis instrumen investasi yang memiliki tingkat return serta jangka waktu yang tidak sama. Selain melakukan kegiatan saham di bursa efek, Anda juga bisa melakukan investasi di saham bisnis privat.

Contoh Suspend di Investasi Saham

Inilah beberapa contoh kasus saham suspend yang pernah terjadi, yaitu:

Enron

Salah satu contoh kasus saham suspend yang pernah terjadi dan cukup populer di zaman ekonomi modern dilakukan oleh Enron. Kejadiannya terjadi pada tahun 2001 silam dan sanksi saham suspend tersebut diberikan hanya beberapa hari saja. Harga saham perusahaan mengalami penurunan tajam bahkan sampai tidak berharga.

Pada akhir tahun 2001, Enron menyatakan bangkrut setelah diberikan sanksi saham suspend tersebut. Pada tahun 2002, Bursa Efek New York memberikan pengumuman bahwa harga saham Enron di saat itu berada di bawah $1. Faktor yang menyebabkan diberikan status saham suspend bagi Enron karena mereka menyalahi aturan standar Big Board.

Alphabet

Kasus berikutnya yang pernah terjadi adalah pada Alphabet (GOOG). Sanksi saham suspend tersebut hanya dilakukan dalam waktu kurang dari satu hari saja. Faktor yang menyebabkan Alphabet mendapatkan sanksi saham suspend adalah karena terjadi kesalahan teknis. Saat ditemukan penyebabnya, status suspend langsung dicabut oleh Bursa Efek New York.

Amazon

Kasus terakhir adalah terjadi pada Amazon, di mana waktu itu Bursa Efek New York memberikan suspend trading terhadap sejumlah saham yang telah terdaftar di Nasdaq dan salah satunya yang sangat populer adalah Amazon (AMZN).

Pemberian sanksi suspend tersebut hanya diberikan kurang dari satu hari seperti halnya kepada Alphabet sebelumnya. Faktor yang menyebabkan Amazon diberikan sanksi suspend adalah karena terjadi kesalahan teknis juga dan hal ini menyebabkan para investor mendapatkan laporan perdagangan yang tidak tepat.

Dilihat dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan suspend merupakan bagian dari bursa untuk melindungi para investor dari perusahaan yang bermasalah atau terjadinya gejolak harga yang tidak bisa dikendalikan.

Nah, jadi seperti itulah dia penjelasan mengenai pengertian, saham suspend, faktor yang menyebabkan, solusi, jangka waktunya dan informasi lainnya yang bisa Anda pahami dengan baik.

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo