Praktis! 5 Cara Mudah Hilangkan Baret Mobil Tanpa ke Bengkel

meta icon

cara menghilangkan baret mobil

Buat kamu yang menggunakan mobil setiap hari, tentu sudah tidak asing dengan yang namanya baret. Terlebih jika tinggal di kota-kota besar yang mana lalu lintasnya sangat padat. Bukan tidak mungkin ketika kita sudah berhati-hati, kendaraan atau pengendara lain yang justru menyerempet mobil kita.

Alhasil mobil yang tadinya mulus kini jadi kurang enak dipandang karena baret. Namun, perlu diketahui, jika baret masih bersifat halus atau ringan dapat dihilangkan tanpa harus repot-repot ke bengkel.

Cara Menghilangkan Baret Mobil

Jika kamu mau menghilangkan baret mobil tanpa perlu ke bengkel, peralatan yang dibutuhkan sangat sederhana. Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu memiliki peralatan-peralatannya di rumah. Yuk, langsung aja simak, berikut cara mudah dan praktis menghilangkan baret di mobil.

1. Periksa Kedalaman Baret

Ada baiknya kamu memeriksa terlebih dahulu seberapa dalam atau parah baret di mobil kamu. Selain itu, periksa juga apakah baret tersebut timbul akibat kendaraan lain yang menyerempet atau hanya sekadar debu di yang menempel di permukaan mobil. Apabila hanya debu maka yang perlu kamu lakukan hanya membersihkan dengan kain atau kanebo basah.

Namun jika sudah dipastikan baret, langkah selanjutnya kamu perlu melihat seberapa parah atau dalam baret tersebut menggores bodi mobil. Umumnya jika baret masih sewarna bodi mobil masih mudah dihilangkan.

2. Gunakan Pasta Gigi

Apabila baret di mobil tidak terlalu dalam, kamu bisa mulai menghilangkannya dengan menggunakan pasta gigi. Untuk mengoleskannya, kamu memerlukan kain dengan tekstur lembut, misalnya microfiber.

Sebelum mengoleskan pasta gigi ke mobil, kamu juga harus pastikan permukaan mobil yang baret sudah bersih. Setelahnya basahkan kain dan oleskan pasta gigi ke kain yang sudah di basahkan tadi.

Langkah selanjutnya, gosok kain yang sudah dioleskan pasta gigi ke bagian mobil yang baret secara melingkar agar merata. Meski begitu, perlu diingat bahwa jika baret tergolong dalam, tidak akan bisa dihilangkan dengan pasta gigi.

3. Menggunakan Kompon

Jika baret di mobilmu sudah cukup dalam, maka kamu dapat menghilangkannya dengan menggunakan kompon. Biasanya kompon tersedia di toko aksesoris mobil atau bahkan di supermarket sekali pun.

Kompon berguna untuk mengikis lapisan cat yang baret. Kompon yang direkomendasikan untuk menghilangkan baret di mobil adalah kompon putih karena memiliki daya kikis yang kuat.

Pengaplikasiannya pun tidak sulit. Sama seperti menggunakan sikat gigi, langkah pertama adalah membersihkan daerah yang tergores. Setelahnya oleskan kompon dengan jumlah secukupnya. Ingat, karena kompon bersifat mengikis maka pengaplikasiannya tidak boleh terlalu banyak. Kemudian kamu tinggal membilas bagian yang sudah diolesi kompon tadi lalu dikeringkan menggunakan kain lap bertekstur halus.

4. Menggunakan Scratch Remover

Cara lain yang tak kalah praktisnya adalah dengan menggunakan scratch remover. Kamu bisa menemukan cairan ini di toko perlengkapan mobil. Namun, scratch remover hanya efektif pada baret mobil yang tergolong ringan.

Cara penggunaannya kamu hanya perlu mengoleskan cairan scratch remover pada bodi mobil yang baret secara merata. Setelahnya kamu tinggal menggosok bagian yang sudah dioleskan tadi dengan kain bertekstur halus. Agar hasil lebih maksimal, kamu dapat mengulang prosesnya beberapa kali hingga baret berhasil tersamarkan.

5. Menggunakan Obat Nyamuk Cair

Kamu pasti tidak akan menyangka kalau obat nyamuk cair dapat digunakan untuk menghilangkan baret pada mobil. Perlu diingat bahwa penggunaan obat nyamuk cair pada baret mobil hanya dalam keadaan darurat apabila kamu tidak memiliki kompon atau scratch remover. Sebab, obat nyamuk cair memiliki zat yang cukup keras yang dapat merusak cat apabila terlalu sering diaplikasikan pada bodi mobil.

Penggunaannya relatif sederhana, cukup oleskan obat nyamuk cair pada bagian mobil yang baret dan biarkan selama 10 hingga 20 detik. Setelahnya bilas bodi mobil dengan air dan keringkan.

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo