Pengertian Premi Asuransi, Jenis, dan Manfaatnya

meta icon

apa itu, definisi premi asuransi

Apakah kamu mendengar istilah premi dalam dunia asuransi? Secara sederhana, premi dapat diartikan sebagai pembayaran yang dilakukan oleh nasabah asuransi secara berkala, bisa bulanan atau tahunan kepada perusahaan asuransi.

Jumlah premi yang dibayarkan dan jangka waktu pembayaran sudah disepakati bersama. Meski sudah tidak asing di telinga masyarakat, tapi tidak sedikit orang yang masih belum mengerti apa itu premi asuransi.

Bagi yang sudah sering berkutat dengan dunia asuransi, pasti akan tidak asing dengan istilah premi. Tapi ternyata, istilah premi dalam asuransi yang selama ini kita kenal memiliki perbedaan dengan premi menurut undang-undang. Apa perbedaannya? Simak di artikel berikut!

Pengertian Premi Asuransi

Premi adalah salah satu komponen penting dalam asuransi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengertian premi asuransi adalah uang yang dibayarkan oleh pihak nasabah kepada perusahaan asuransi secara rutin.

Sementara menurut undang-undang, premi adalah biaya yang ditetapkan perusahaan asuransi dan telah disetujui pihak nasabah selaku pemilik polis untuk dibayarkan setiap bulannya.

Pembayaran premi dilakukan oleh nasabah kepada perusahaan asuransi tidak lain untuk mendapatkan perlindungan atas risiko yang bisa terjadi pada saat yang akan datang.

Asuransi sendiri memiliki berbagai jenis dengan manfaat yang berbeda-beda. Berikut akan dijelaskan jenis premi asuransi yang dapat kamu pilih beserta manfaatnya.

Jenis Premi Asuransi dan Manfaatnya

Mengetahui pengertian premi asuransi saja jelas tidak cukup. Kamu juga harus memahami jenis-jenis premi asuransi serta manfaatnya.

Dengan begitu, kamu bisa memilih jenis asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

1. Premi Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri sangat berguna jika kamu sering melakukan perjalanan keluar rumah dengan menggunakan kendaraan. Pasalnya, premi yang kamu bayarkan untuk mendapatkan jaminan perlindungan dari risiko kecelakaan yang bisa terjadi pada kamu.

Ada dua jenis asuransi kecelakaan diri yang harus kamu ketahui. Pertama asuransi liburan yang memberikan jaminan saat kamu melakukan perjalanan liburan.

Kedua adalah asuransi kecelakaan motor yang akan memberikan jaminan perlindungan saat kamu melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor.

2. Premi Asuransi Perjalanan

Selanjutnya adalah asuransi perjalanan, yakni jenis asuransi yang akan memberikan perlindungan terhadap suatu kejadian yang tidak terduga. Asuransi perjalanan terbagi menjadi dua jenis yaitu asuransi perjalanan domestik dan internasional.

Sesuai namanya, asuransi perjalanan domestik akan memberikan kamu perlindungan dari risiko atau kejadian tidak terduga saat melakukan perjalanan dalam negeri, sementara internasional memberi perlindungan saat melakukan perjalanan luar negeri.

Berbeda dengan kebanyakan jenis asuransi yang pembayaran preminya dilakukan setiap bulan atau setiap tahun, asuransi perjalanan dibayarkan hanya ketika membeli tiket perjalanan. Jadi manfaat yang didapat hanya dalam satu perjalanan saat itu juga.

3. Premi Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi ini menjadi salah satu yang paling banyak digunakan masyarakat. Sementara arti dari premi asuransi kesehatan adalah uang yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi dengan tujuan mendapat jaminan dari segala risiko terkait biaya kesehatan di rumah sakit.

Premi asuransi kesehatan akan digunakan untuk segala hal yang menyangkut kesehatan, dari mulai pemeriksaan, pembelian obat, hingga biaya rawat inap. Biaya yang dibayarkan untuk asuransi kesehatan umumnya lebih rendah dibanding jenis asuransi lain.

Namun secara manfaat, jenis asuransi ini sangat berguna untuk kebutuhan jangka panjang, terlebih mengingat biaya kesehatan yang terus naik.

4. Premi Asuransi Kendaraan

Premi asuransi kendaraan adalah iuran yang dibayarkan oleh nasabah asuransi kepada perusahaan asuransi untuk mendapatkan perlindungan atas risiko yang bisa terjadi pada suatu kendaraan.

Premi asuransi kendaraan dibagi menjadi dua yaitu all risk dan TLO (Total Loss Only). Asuransi kendaraan dengan jenis all risk akan memberikan penggantian biaya jika kendaraan hilang atau mengalami kerusakan.

Sementara TLO akan memberikan penggantian biaya jika kendaraan mengalami minimal 75 persen kerusakan. Karena manfaatnya yang berbeda, tentunya kedua jenis asuransi tersebut memiliki biaya premi yang berbeda tiap bulannya.

5. Premi Asuransi Perumahan

Premi dalam asuransi perusahaan adalah iuran yang dibayarkan oleh nasabah ke perusahaan asuransi untuk penggantian jika rumah mengalami risiko atau kejadian tidak terduga.

Artinya, perusahaan asuransi akan menjamin perlindungan pada rumah kamu jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti bencana alam.

Asuransi properti akan melindungi rumah kamu yang rusak dengan memberikan jaminan seperti perbaikan bahkan hingga rumah bisa kembali seperti sedia kala seperti sebelum terjadi bencana.

6. Premi Asuransi Jiwa

Premi asuransi jiwa adalah biaya yang harus dibayarkan untuk menjamin perlindungan finansial kepada keluarga yang ditinggalkan.

Asuransi ini akan memberikan manfaat berupa santunan kepada ahli waris. Besaran manfaat yang diberikan tergantung dari iuran yang dibayarkan nasabah setiap bulannya.

7. Premi Asuransi Pendidikan

Sementara premi asuransi pendidikan adalah pembayaran kepada pihak asuransi agar nasabah mendapat jaminan pendidikan untuk anak di masa depan.

Jenis asuransi ini menjadi salah satu yang paling favorit mengingat pentingnya pendidikan anak dan biayanya yang semakin lama semakin mahal.

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo