Pengenalan Analisis TOWS Matrix Dalam Kegiatan Bisnis 

meta icon

pengertian, apa itu analisis tows

Bagi Anda yang sudah menyelam dalam dunia bisnis, pastinya Anda akan melakukan pengembangan-pengembangan yang nantinya akan disesuaikan untuk dapat bertahan dalam luasnya pasar bisnis ini.

Nah, salah satu langkah dalam pengembangan bisnis tersebut adalah analisis TOWS matrix.

Sebelumnya Anda pasti sudah pernah mendengarkan hal yang berbeda terkait apa itu analisis SWOT bukan?

Lalu apa sih bedanya analisis SWOT dengan TOWS matrix ini dan apa manfaatnya dan kegunaannya dalam suatu kegiatan bisnis? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut penjelasan terkait analisis TOWS matrix.

Apa yang dimaksud dengan Analisis TOWS matrix?

Analisis TOWS matrix merupakan gabungan dari beberapa kata yaitu T yang berartikan threats atau sebuah ancaman.

Kemudian O yang berartikan opportunities atau sebuah kesempatan dan peluang. Kemudian W yang  berartikan weaknesses atau suatu kelemahan. Dan terakhir S yang berartikan strengths atau suatu kekuatan.

Analisis TOWS matrix ini mewajibkan para pelaku bisnis dalam mempelajari dan melakukan observasi mendalam terkait faktor eksternal. Analisis TOWS matrix lebih berfokus pada faktor eksternal yang perubahannya tidak dapat dikendalikan dan juga cukup cepat dan dinamis.

Dengan adanya faktor eksternal ini, para pelaku bisnis harus memikirkan secara kritis terhadap kejadian yang ada disekitar bisnis tersebut. Dengan begitu maka muncullah analisis TOWS matrix ini yang dapat membantu para pelaku bisnis.

Namun ternyata tidak hanya itu saja, dalam luar lingkup perusahaan, persaingan antar pelaku bisnis semakin ketat, sehingga analisis ini perlu  dilakukan. Selain itu, dalam melakukan analisis ini, Anda perlu menemukan faktor eksternal nya terlebih dahulu.

Setelah itu Anda perlu mengidentifikasi dan barulah menganalisis mengenai rencana, strategi, dan langkah yang diambil pada selanjutnya.

Tujuan utama dari adanya analisis ini adalah untuk meningkatkan bisnis yang Anda miliki dari pesain bisnis lainnya dengan peluang faktor eksternal yang ada di sekitar bisnis Anda.

Namun setelah Anda amati, gabungan kata yang ada dalam analisis TOWS matrix ini hampir mirip dengan yang ada pada analisis SWOT. Lalu apakah perbedaan analisis TOWS matrix dengan analisis SWOT?

Perbedaan Analisis TOWS Matrix dengan Analisis SWOT

Pada penjelasan sebelumnya, gabungan kata dari analisis TOWS matrix ini hampir mirip dengan yang ada pada analisis SWOT.

Nah, yang membedakan dari kedua ini adalah dari fokusnya. Jika analisis TOWS matrix berfokus pada masalah eksternal, untuk SWOT ini adalah analisis yang berfokus pada masalah internal.

Analisis TOWS matrix akan terlebih dahulu mengobservasi dan mengidentifikasi masalah serta strategi yang ada pada bagian eksternal bisnis tersebut, dengan artiaan bahwa bisnis ini juga akan menganalisis dan mengenali kemungkinan-kemungkinan yang dapat dilakukan pada pasar.

Dengan adanya analisis ini, bisnis tersebut dapat mengendalikan dan mengontrol ancaman yang kemungkinan datang dari luar bisnis.

Sedangkan untuk analisis SWOT sendiri akan berfokus pada masalah internal bisnis yang akan menganalisis dari kekuatan dan kelemahan yang ada dalam bisnis tersebut.

Tujuan Analisis TOWS Matrix

Seperti yang disebutkan diatas jika analisis SWOT bertujuan untuk identifikasi kondisi internal dan TOWS adalah analisis untuk identifikasi kondisi dan masalah eksternal agar dapat berjalan secara tepat, maka dalam analisis TOWS matrix ini memiliki tujuan sebagai berikut :

  • Untuk menampilkan alternatif yang kemungkinan untuk dikerjakan oleh pelaku bisnis dalam mengembangkan bisnisnya.
  • Untuk memaksimalkan peluang bisnis yang ada.
  • Untuk mengantisipasi suatu hal yang buruk dan cara mengatasinya.
  • Untuk memastikan kelemahan bisnis tersebut tidaklah suatu hal yang merugikan

Setelah Anda mengetahui tujuannya, lalu bagaimana sih cara melakukan analisis TOWS matrix? Ternyata analisis TOWS matrix ini memiliki strateginya sendiri, berikut ini adalah strategi dari analisis TOWS matrix.

Strategi dalam Analisis TOWS Matrix

Analisis TOWS matrix ini memiliki 4 strategi yang dapat digunakan untuk mengobservasi pasar disekitar dan mengantisipasi ancaman yang akan terjadi :

1. Strength atau Opportunity (SO)

Strategi yang pertama ini akan mebuat bisnis tersebut untuk menggunakan kekuatan yang dimiliki dalam melakukan eksploitasi pelang.

2. Weakness atau Opportunity (WO)

Strategi yang kedua ini mengartikan jika Anda dapat mengatasi segala kelemahan untuk megnambil suatu keuntungan dari peluang yang ada. Dengan berarti stratrgi ini bertujuan untuk mengurangi kelemahan dan mengeksploitasi suatu peluang.

3. Strength atau Threat (ST)

Strategi yang ketiga ini adalah dimana bisnis yang Anda miliki akan mengeksploitasi kekuatan yang ada untuk mengatasi ancaman yang akan datang.

4. Weakness atau Threat (WT)

Srategi yang terakhir ini adalah langkah mengurangi kekurangan dengan tujuan untuk menghindari suau ancaman.

Selain strategi yang disebutkan diatas, rupanya analisis TOWS matrix ini juga memiliki aturannya, berikut ini adalah aturan ringkas TOWS.

Aturan Ringkas Terkait Analisis TOWS Matrix

Dalam suatu analisis bisnis, tentu saja ada aturan-aturan ringkas yang dilakukan oleh pelaku bisnis.

Aturan ini dilakukan dengan tujuan agar analisis yang dilaksanakan dapat efektif dalam menemukan intinya. Berikut adalah aturan yang harus diikuti oleh pelaku bisnis:

1. Bersifat Subjektif

TOWS harus bersifat subjektif dengan maksud agar nantinya analisis ini berjalan dengan data yang ada sesuai dengan model yang dipunyai.

2. Menggunakan Model Strategi Lain

Dapat menggunakan model strategi lain seperti model Ansoff’s Matrix dan lain sebagainya.

3. Manfaatkan Strategi

Anda juga perlu memanfaatkan strategi untuk pengembangan dan pertumbuhan bisnis internal, akusisi dan joint venture yang Anda miliki.

4. Dilakukan Secara Spesifik

Gunakan area analisis yang spesifik, jangan gunakan area yang bias.

5. Ikuti Institusi

Dalam melakukan analisis, selain berpaku pada data, Anda juga perlu menggunakan institusi. Jika model atau konsep yang digunakan tidak cocok, maka gunakan model atau konsep lain yang tepat untuk bisnis Anda.

Pada intinya, analisis TOWS matriks ini dapat diterapkan dalam pengembangan bisnis Anda dengan analisis kondisi eksternal yang ada disekitar bisnis tersebut.

Dalam melakukannya, Anda dapat menggunakan 4 strategi yang ada untuk menyesuaikan dengan model bisnis yang Anda miliki.

Selain itu Anda juga perlu mengetahui jika tidak semua strategi dapat diterapkan oleh model bisnis yang Anda miliki.

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo