Mengenal Apa Itu Ringkasan Eksekutif dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

meta icon

pengertian, apa itu ringkasan eksekutif

Ringkasan eksekutif atau executive summary merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis. Salah satu fungsi utama ringkasan eksekutif adalah untuk menarik minat investor untuk berinvestasi di perusahaan atau bisnis kamu. Tapi, tahukah kamu apa pengertian dari ringkasan eksekutif itu sendiri?

Ringkasan eksekutif dapat diartikan sebagai ringkasan yang berisi informasi mengenai segala hal yang ada di dalam bisnis atau perusahaan, termasuk rencana ke depannya. Karena peruntukannya untuk mengembangkan bisnis, tidak sedikit orang yang menyebut ringkasan eksekutif sebagai ringkasan bisnis.

Pengertian Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif sebenarnya adalah bagian dari rencana bisnis. Ringkasan eksekutif berisi  penjelasan mengenai berbagai macam hal tentang bisnis yang sedang kamu jalani. Umumnya, ringkasan eksekutif ditujukan untuk pihak eksternal, seperti misalnya investor.

Tidak salah menyebut ringkasan eksekutif sebagai ringkasan bisnis. Sebab, di dalam ringkasan eksekutif memang terdapat berbagai informasi yang menggambarkan bagaimana sebuah bisnis berjalan.

Melihat perannya yang krusial untuk menarik minat investor, ringkasan eksekutif tentunya tidak bisa dibuat secara asal-asalan atau sembarangan.

Informasi yang tertuang dalam ringkasan eksekutif biasanya mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis yang sedang dijalankan seperti jenis produk yang dijual, proses produksi, target pasaran, hingga strategi pemasaran.

Pastikan kamu memperhatikan dengan seksama seluruh detail yang termuat dalam ringkasan eksekutif. Pasalnya, investor atau memutuskan apakah akan berinvestasi atau tidak dengan mempertimbangkan apa yang kamu tulis pada rangkaian tersebut.

Pastinya, tidak ada investor yang ingin berinvestasi di perusahaan yang prospek kedepannya tidak menjanjikan.

Manfaat Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif adalah bagian yang tidak terpisahkan dari rencana bisnis. Bisa dibilang, ringkasan eksekutif adalah pondasi awal untuk  mulai mengembangkan bisnis. Jika kamu adalah pelaku bisnis, wajib ketahui fungsi dan manfaat dari ringkasan eksekutif berikut ini:

  1. Memudahkan pihak luar seperti investor untuk mengetahui informasi detail mengenai bisnis yang sedang kamu jalani.
  2. Memudahkan pihak yang tidak memiliki waktu luang agar dapat memahami rencana bisnis dalam waktu yang singkat.
  3. Menarik minat investor untuk berinvestasi di perusahaan atau bisnis yang sedang kamu jalani.

Informasi yang Harus Ada Dalam Ringkasan Eksekutif

Ada informasi mengenai perusahaan yang harus kamu masukan ke dalam ringkasan eksekutif. Informasi ini sangat penting karena menyangkut berbagai hal dasar terkait bisnis yang sedang kamu jalani.

Berikut informasi yang harus ada dalam ringkasan eksekutif:

  • Nama dan lokasi usaha atau perusahaan
  • Visi dan misi perusahaan
  • Deskripsi tentang perusahaan
  • Jenis produk atau jasa yang ditawarkan
  • Anggaran keuangan
  • Tujuan usaha atau perusahaan

Informasi Tambahan Dalam Ringkasan Eksekutif

Selain informasi wajib yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa memasukan sejumlah informasi lain yang lebih detail mengenai perusahaan, seperti:

  • Permasalahan yang Dihadapi Perusahaan
  • Solusi
  • Tim dan Manajemen
  • Segmentasi Pasar
  • Kompetitor
  • Ringkasan Keuangan
  • Pencapaian

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo