Marketing Mix 7P: Konsep Strategi Pemasaran Bagi Bisnis

meta icon

marketing mix 7p

Dalam dunia bisnis, sebuah marketing atau pemasaran selalu menjadi hal yang dikhususkan dan diperhatikan oleh banyak perusahaan. Pasalnya sekarang ini dunia bisnis tentu sedang dalam persaingan yang ketat terutama dalam hal pemasarannya.

Strategi pemasaran dari setiap perusahaan tentu memiliki teknik yang berbeda beda. Ada yang menggunakan direct selling atau bahkan internet marketing. Dalam menentukan strategi tersebut tentu perlu memahami konsep dari strategi tersebut bukan?

Maka dari itu, dari artikel ini nantinya kita akan membahas terkait konsep strategi marketing yang dapat digunakan bagi perusahaan bisnis. Konsep yang dimaksud tersebut adalah Marketing Mix 7P.

Konsep strategi ini nantinya dapat menentukan tingkat kesuksesan suatu bisnis dalam mendapatkan keuntungan dan profit secara maksimal.

Untuk mengetahui lebih dalam terkait konsep strategi ini, berikut ini  adalah penjelasan lebih lengkap.

Pengertian dari Marketing Mix 7P

Secara konsep dasarnya, Marketing Mix 7P ini memanfaatkan seluruh poin yang ada di dalam pemasaran yaitu dengan konsep 7P. 7P ini memiliki artianproducts, people, promotions, price, process, place, dan juga physical evidence.

Strategi Marketing Mix 7P ini mulai dikenal dan digunakan pada abad ke-20 sebagaimana yang disampaikan oleh profesor Harvard yang mana menjelaskan jika strategi ini dapat mengembangkan suatu bisnis untuk menjadi lebih besar dan sukses.

Dengan strategi ini, nantinya bisnis tersebut akan menata komponen serta mengidentifikasi dalam mengambil keputusan yang paling menguntungkan bagi perusahaan. Keputusan tersebut tentu akan bermanfaat bagi bisnis dalam berbagai hal lainnya seperti berikut:

  • Dapat digunakan dalam mengidentifikasi bagian kelebihan mana yang dapat dimanfaatkan dan bagian kekurangan mana yang perlu diatasi.
  • Akan lebih terbiasa dan mudah beradaptasi dalam kompetisi pasar bisnis.
  • Dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan hubungan antar perusahaan dengan mitra bisnis.

Walaupun strategi ini telah ada sejak era pertengahan abad 20. Namun, poin-poin yang digunakan tentunya telah dikembangkan sebagaimana mengikuti rangkaian teknologi yang tentunya semakin luas.

Perkembangan yang mengikuti zaman ini tentu nantinya membuat praktik strategi marketing ini akan semakin efektif.

Konsep dari Marketing Mix 7P

Setelah memahami terkait apa itu Marketing Mix 7P, berikut ini adalah konsep dari strategi tersebut yang mana sudah diberitahukan sebelumnya :

1. Products atau Produk

Produk adalah bahan utama dari sebuah bisnis tersebut dapat dijalankan. Pada dasarnya produk adalah bentuk dari apa yang ditawarkan kepada konsumen.

Produk ini dapat berupa barang atau jasa yang nantinya dibeli oleh masyarakat guna untuk dikonsumsi dalam hal memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut.

Dalam tahapan strategi poin produk ini, suatu bisnis atau perusahaan harus dapat memproduksi barang atau jasa yang memiliki keunikan sendiri dan tentunya dengan kualitas yang terjamin.

Jika hal tersebut dilakukan, tentu bisnis atau perusahaan Anda akan dapat bersaing secara mudah pada pasar bisnis.

Dalam membuat produk sendiri, bisnis dan perusahaan harus memperhatikan dua unsur terpenting, yaitu dari unsur kualitas dan dari unsur visual.

Perusahaan harus memastikan jika produk yang dihasilkan tersebut memiliki dua unsur yang baik yang mana akan membuat konsumen menjadi membutuhkan produk tersebut daripada hanya sekedar penasaran saja.

Anda juga perlu melakukan riset pasar dengan mencari respon konsumen serta memperhatikan sebagaimana keinginan konsumen terhadap produk tersebut.

Melalui informasi riset tersebut, tentu bisnis dan perusahaan Anda dapat lebih mudah berjalan dengan membandingkan produk Anda bersama kompetitor bisnis lainnya yang nantinya memudahkan untuk menentukan kelebihan produk beserta kekurangan dari tiap produknya.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Anda akan langsung menuju ke tahap evaluasi dengan mengevaluasi bagian mana yang perlu dimaksimalkan kembali dan hal mana yang perlu dipertahankan.

2. People atau Orang

Yang dimaksud dalam artian orang ini adalah dari segi SDM atau Sumber Daya Manusianya. Poin ini termasuk dalam 7 komponen penting yang dapat menunjukan seberapa mungkin keberhasilan perusahaan tersebut dapat dicapai.

Dalam sebuah bisnis atau perusahaan seseorang yang menjalankan bisnis tersebut dapat menjadi peran penting dan merupakan faktor yang menghasilkan keberhasilan dari sebuah bisnis.

Dari adanya poin people atau orang ini, tentu akan membuat banyak perusahan yang sebisa mungkin mencari calon kandidat yang terbaik hingga rela memberikan bayaran lebih kepada kandidat yang dirasa dapat berpeluang dalam memajukan suatu bisnis.

Biasanya perusahaan tersebut akan mencari pekerja dengan performa yang baik serta aspek lainnya seperti soft skill, loyalitas, attitude, tingkat kepercayaan, tampilan diri (body language, intonasi nada suara, ekspresi wajah, dan tutur kata), komunikasi, dan hal lainnya.

3. Promotions atau Promosi

Dari segi bahasa, marketing sama halnya dengan pemasaran atau promosi, namun untuk poin ini promosi yang dimaksud adalah promosi yang g difokuskan pada bisnis dengan memperhatikan cara memasarkan produk tersebut seperti media dan sebagainya.

Poin promosi ini rupanya memiliki tujuan yang mana sebagai berikut:

  • Untuk menarik dan mencari perhatian dari calon konsumen baru.
  • Sebagai media untuk mengenalkan dan menginfokan produk bisnis baru.
  • Untuk menaikan jumlah dari tingkatan konsumen secara jangkauan yang lebih luas lagi.
  • Untuk memberitahukan kepada para konsumen mengenai kelebihan dan kualitas produk.
  • Untuk mengajak dan menawarkan konsumen agar mendatangi tempat produk penjualan.
  • Sebagai media untuk memotivasi pelanggan dengan maksud agar dapat memilih suatu produk yang berkualitas.

Dari tujuan poin promosi diatas, dapat dikatakan bahwa promosi ini merupakan kegiatan yang berfokus untuk menyebarkan informasi produk yang tentunya mempengaruhi dan membujuk masyarakat agar dapat memilih dan membeli produk yang berkualitas seperti produk bisnis Anda.

Dalam penerapannya, Anda dapat menjalankan poin promosi ini dengan teknik iklan. Iklan tersebut dapat dituangkan dalam media elektronik, surat kabar, spanduk, produk, bahkan hingga sosial media dengan memperhatikan jangkauan agar dapat tersampaikan pada calon konsumen yang tepat sasaran.

4. Price atau Harga

Price atau harga ini menjadi poin dalam strategi Marketing Mix ini karena merupakan hal utama yang dijadikan bahan penentu oleh konsumen dalam membeli produk.

Harga yang dimaksud ini adalah harga jual produk yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan produk atau jasa tersebut.

Dalam artian lain, harga yang Anda tawarkan harus sesuai dengan apa yang nantinya didapatkan oleh konsumen yang nantinya dapat memberikan manfaat lebih bagi konsumen tersebut.

Dalam hal ini, bisnis atau perusahaan Anda maruh memahami bagaimana cara yang tepat untuk membuat kepercayaan pelanggan dari kualitas produk yang didapatkan dengan harga yang dikeluarkan.

Ketika Anda sudah memahami bagaimana cara tersebut, tentu bisnis Anda akan semakin efektif. Namun ada hal yang perlu diperhatikan seperti menentukan dan menghitung modal beserta keuntungan produk.

Hal ini dilakukan agar nantinya bisnis yang Anda jalani tidak mengalami kerugian yang signifikan.

Selain itu Anda juga harus melakukan riset pasar terhadap barang yang Anda jual agar nantinya produk tersebut akan berada pada harga pasar yang tidak overprice atau underprice.

Jika harga terlalu tinggi, maka Anda akan sulit menjualnya yang mana akan kalah dengan pasar lain yang memungkinkan sulitnya waktu perputaran uang.

Bagi produk jasa tentu tidak begitu masalah, namun apabila produk bahan jadi yang memiliki batas pemakaian, tentu dapat menjadi masalah yang memungkinkan pada kerugian.

Jika harga produk terlalu rendah pun tentu akan menjadi kerugian atau bahkan tidak balik modal dengan hanya menghabiskan tenaga dan waktu. Maka dari itu perhitungan modal beserta riset pasar adalah cara terbaik dalam menjalankan strategi poin price (harga) ini.

5. Process atau Proses

Proses yang dimaksud dari poin ini adalah bagaimana cara perusahaan menanggapi dari setiap permintaan konsumennya.

Hal ini dapat mencakup dari proses pemesanan produk di awal hingga bagaimana proses tersebut selesai dengan konsumen mendapatkan barang tersebut.

Dalam hal ini ada beberapa perusahaan yang memiliki cara unik dalam menangani dan melayani proses ini.

Contohnya seperti restoran, setiap restoran tentu memiliki pelayanan yang berbeda beda ketika memesan makanan hingga selesai memakannya.

Ada pelanggan yang perlu menghampiri ke menu kasir terlebih dahulu, atau ada yang langsung memesan dengan menu kertas yang akan diberikan ke waiters.

Dalam contoh tersebut, pelayanan yang dilakukan setiap restoran tadinya merupakan penerapan dari strategi Marketing Mix 7P pada bagian proses.

6. Place atau Tempat

Place atau tempat merupakan poin dari strategi marketing dengan maksud dimana tempat dari perusahaan bisnis Anda dijalankan. Tempat berdirinya perusahaan bisnis Anda akan menjadi faktor penentu dalam sebuah bisnis dapat berkembang.

Jika tempat perusahaan tersebut strategis, maka konsumen akan dengan mudah menjangkaunya yang mana dapat meningkatkan aktivitas transaksi, dengan begitu bisnis dan keuntungan yang Anda miliki akan semakin besar pula.

Dalam menentukan tempat bisnis, tentu ada cara yang dapat Anda jalankan, salah satu cara tersebut yaitu dengan menentukan strategi pasar berdasarkan kalangan mayoritas konsumen.

Sebagai contoh adalah ketika Anda berjualan pakaian gamis muslim, tentu kalangan yang anda cari adalah kalangan wanita yang tentunya menggunakan pakaian hijab.

Ketika sudah menentukan kalangan mayoritas konsumen tersebut, maka Anda dapat memilih tempat lokasi yang tepat seperti pusat perbelanjaan atau ruko dengan lokasi yang berdekatan dengan masyarakat.

Jangan sampai Anda memilih lokasi yang salah seperti dataran tinggi yang mana sekitar lokasi tersebut hanya mayoritas perkebunan dengan akses jalan yang sulit dijangkau oleh beberapa kendaran.

7. Physical Evidence atau Tampilan Fisik

Point terakhir yang menjadi hal penting dalam menjalani strategi Marketing Mix 7P adalah dengan tampilan fisiknya. Tampilan fisik dari perusahaan Anda tentu akan mencerminkan seberapa bagus penataan dan kualitas dari perusahaan Anda.

Dalam hal ini tampilan fisik yang dimaksud adalah seperti penataan ruangan perusahaan dengan memberikan interior yang baik, pencahayaan yang cukup, desain ruangan yang optimal, dan juga tempat ruangan yang nyaman.

Pada dasarnya tampilan fisik dari tempat perusahaan ini tentu akan mempengaruhi suasana hati seseorang terkhususnya pada konsumen agar tetap merasa nyaman.

Tampilan fisik dari perusahaan Anda harus memberikan suasana yang nyaman yang nantinya akan memberikan nilai tambahan dari konsumen.

Pada dasarnya, dalam menjalani strategi Marketing Mix 7P ini tentu membutuhkan perencanaan yang baik secara sistematis.

Pastikan juga Anda untuk menyiapkan budget yang cukup agar nantinya strategi bisnis ni dapat dijalankan secara lancar.

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo