Lead Adalah: Pengertian, Manfaat & Cara Jitu Mendapatkannya

meta icon

definisi, pengertian, apa itu lead, dan bagaimana cara mendapatkan lead

Berbagai cara dilakukan dalam memaksimalkan suatu bisnis agar penjualan meningkat dan mendapatkan pelanggan yang loyal. Salah satu caranya adalah menggunakan strategi lead. Lead menjadi bagian yang tak terpisahkan dari marketing business.

Lead ini merupakan upaya dalam menjalin komunikasi dengan konsumen atau calon pelanggan yang dinilai memiliki peluang menjadi pelanggan baru.

Lantas apa saja manfaat dan cara mendapatkan lead ini? Simak pembahasan berikut ini selengkapnya seputar pengertian, manfaat, hingga cara jitu mendapatkan lead.

Pengertian Lead

Lead adalah sekelompok orang yang memiliki minat atau kesukaan tertentu terhadap suatu produk atau layanan dalam sebuah bisnis. Orang-orang inilah yang memiliki peluang untuk menjadi pelanggan atau customer. Jadi, bisa dikatakan bahwa lead ini adalah pelanggan yang potensial untuk bisnis Anda.

Pihak marketing di dalam sebuah bisnis biasanya memiliki informasi lead berupa email atau nomor telepon. Informasi ini didapatkan dari lead yang mengisi formulir dimana itu menjadi salah satu strategi marketing.

Nah informasi inilah yang menjadi bahan penting bagi pihak marketing untuk mulai memasarkan produknya. Berbagai penawaran produk seperti produk baru dan diskon akan dengan mudah dikirim melalui email lead.

Ini seperti ketika Anda mendapatkan email berisi penawaran produk. Hal ini terjadi karena mungkin Anda pernah tertarik terhadap produk/layanan dengan membuat akun di website tersebut.

Pentingnya Lead Dalam Marketing Business

Di dunia bisnis, terutama di bidang marketing, Lead menjadi hal yang sangat penting untuk Anda ketahui. Hal ini dikarenakan Lead menjadi peran penting dalam kegiatan pemasaran produk, khususnya pemasaran digital.

Tanpa adanya Lead, tentunya sebuah bisnis akan sulit untuk memasarkan produknya. Berikut ini alasan mengapa lead penting dalam marketing business.

  1. Mudah dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan potensial.
  2. Membantu memetakan target pasar secara demografi.
  3. Memudahkan dalam kegiatan promosi atau launching produk baru.
  4. Melancarkan strategi inbound marketing.

Jenis-jenis Lead

Lead juga memiliki beberapa jenis yang perlu untuk Anda ketahui. Berikut ini jenis-jenis lead.

1. Product/Service Qualified Lead

Jenis Lead yang pertama ini merupakan sekelompok orang yang sudah pernah merasakan versi gratis dari produk/layanan, kemudian ingin melakukan upgrade ke versi premium untuk mendapatkan kualitas yang lebih lengkap. Contohnya, seseorang mulai berlanggan ke versi premium atau terbaru.

2. Sales Qualified Lead

Jenis lead yang kedua ini merupakan sekelompok orang yang tertarik pada suatu produk/layanan dan berminat untuk melakukan pembelian, hingga pada akhirnya menciptakan penjualan. Orang-orang ini pada umumnya adalah pelanggan pasti.

3. Marketing Qualified Lead

Jenis lead yang ketiga ini merupakan sekelompok orang yang pernah mendapatkan promosi suatu produk/layanan suatu bisnis dan sempat tergiur atau terpengaruh, namun belum melakukan pembelian. Artinya, bisa dikatakan jenis lead ini memiliki peluang besar menjadi pelanggan atau customer Anda.

Manfaat Lead

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa lead itu sangat penting didalam marketing business. Hal ini karena Anda akan memperoleh banyak manfaat, di antaranya sebagai berikut.

  1. Mendapatkan pelanggan baru dengan lebih terstruktur
  2. Meningkatkan penjualan Anda
  3. Memiliki target market yang lebih tepat secara demografi
  4. Strategi Inbound Marketing menjadi sukses
  5. Mengetahui siapa saja yang tertarik dengan produk/layanan bisnis Anda

Cara-cara Jitu untuk Mendapatkan Lead

Mendapatkan lead itu tidak mudah, Anda harus sabar dan memiliki semangat tinggi dalam melakukan cara-cara agar mendapatkan pelanggan baru. Nah apa saja sih cara-cara untuk mendapatkan lead? Berikut ini cara jitu untuk mendapatkan lead.

1. Membuat Landing Page

Landing page merupakan sebuah halaman khusus yang berisi ajakan untuk melakukan aksi, seperti mengisi form. Landing page ini berisi informasi produk/layanan suatu bisnis.

Dengan adanya halaman yang berfokus pada produk/layanan ini, Anda akan mendapatkan lead dalam jangka waktu yang panjang. Anda tinggal melakukan pengarahan agar orang-orang mengunjungi landing page Anda.

2. Sediakan Live Chat pada Website

Anda dapat memanfaatkan fitur live chat pada website Anda. Selain menambah kredibilitas dan memudahkan pelanggan Anda, fitur live chat ini juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan lead. Caranya adalah Anda tinggal memasukkan form kontak di dalam live chat.

3. Buat Konten Menarik

Buatlah konten yang menarik agar dapat mendatangkan lead. Dengan membuat konten yang berkualitas dan menarik, Anda juga dapat memetakan target market yang lebih tepat dengan mudah.

4. Buat Konten Premium

Cara yang satu ini bisa Anda lakukan jika Anda memiliki konten dan sejumlah pelanggan yang loyal. Coba untuk tingkatkan konten yang Anda buat kedalam versi terbaru atau premium.

Cara ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan lead karena mereka sudah menjadi target market Anda.

5. Sediakan Opsi Subscribe Konten

Cara selanjutnya adalah dengan menyediakan opsi subscribe konten. Ini sesuai untuk Anda yang mempunyai bisnis blog.

Orang yang melakukan subscribe akan mendapatkan notifikasi apabila Anda mengupload konten baru. Nah melalui metode ini Anda akan dapat melihat informasi mereka seperti nama dan alamat email dengan mudah.

6. Membagikan EBook

Cara berikutnya adalah dengan membagikan ebook secara gratis kepada pelanggan potensial. Cara ini bisa Anda lakukan dengan mulai membuat ebook yang berhubungan dengan produk/layanan Anda.

Dengan begitu akan memberikan kesan produk/layanan Anda terpercaya dan punya reputasi yang baik di mata pelanggan. Ini tentunya menjadi nilai plus bagi bisnis Anda.

7. Memberikan Freebies

Freebies merupakan sebuah konten yang memang diberikan secara gratis kepada pembeli. Freebies ini berbentuk fisik seperti pernak-pernik, sticker, poster, dan lainnya.

Cara yang satu ini dibilang lebih efektif dibandingkan dengan ebook. Karena pengalokasian waktu yang lebih cepat, mudah, dan hemat tenaga.

8. Optimalkan Media Sosial

Anda juga bisa mengoptimalkan media sosial agar mendapatkan lead. Sudah ada banyak platform media sosial yang dapat Anda manfaatkan, seperti instagram, facebook, dan lainnya. Buatlah konten yang menarik agar orang-orang menyukai akunmu dan tertarik mengikuti updatean kontenmu.

Cara ini juga dapat Anda manfaatkan untuk mengarahkan orang untuk mengunjungi landing page. Anda tinggal membuat konten dan menyisipkan link landing page.

9. Event/Webinar

Cara yang satu ini akan dapat mendatangkan banyak keuntungan untuk bisnis Anda. Anda dapat mulai menyelenggarakan acara secara offline maupun online.

Event ini berkaitan dengan produk/layanan Anda. Jangan lupa untuk menyediakan pengisian form pendaftaran. Orang-orang yang berminat pasti akan mengisi form tersebut, sehingga Anda akan memperoleh sejumlah informasi lead, yakni dari peserta yang menghadiri event Anda.

10. Kupon/Diskon

Kebanyakan orang menyukai apabila produk yang mereka cari memiliki diskon. Nah, Anda dapat mulai menerapkan cara yang satu ini dengan cara memberikan syarat-syarat agar mendapatkan diskon. Contohnya mereka harus daftar atau login agar mendapatkan diskon.

Nah informasi dari form login yang berupa email dan info personal inilah yang akan menjadi berguna bagi Anda dalam melakukan promosi. Itu dia pengertian, manfaat, dan cara jitu mendapatkan lead yang harus Anda ketahui. Sekian, semoga bermanfaat.

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo