Kenali Ciri-ciri Asuransi Kesehatan yang Bagus dan Bisa Dicoba

meta icon

Saat ini sudah cukup banyak perusahaan penyedia asuransi di Indonesia khususnya asuransi kesehatan. Banyaknya perusahaan ini terkadang membuat kebanyakan orang bingung untuk memilihnya. 

Sebelum Anda menentukan asuransi yang dipilih, ada baiknya untuk mengenali terlebih dahulu ciri ciri asuransi yang baik itu sendiri. Hal tersebut bertujuan supaya nantinya Anda bisa mendapatkan pelayanan sesuai ekspektasi serta memuaskan juga.

Jadi sebelum menentukan asuransi mana yang hendak dipilih pertimbangkan dengan baik terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan dana atau pelayanan serta kemampuan asuransi dalam memberikan perlindungan kesehatan nasabahnya. 

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari asuransi kesehatan terbaik, apa saja itu?

Ciri Asuransi Terbaik yang Penting Untuk Dipahami

Sebuah perusahaan penyedia asuransi dapat dikatakan baik bila telah memenuhi persyaratan tertentu serta memiliki ciri ciri asuransi yang baik. Namun sebagian orang tentu belum mengetahui bagaimana ciri-ciri dari asuransi yang baik. Ciri ini dapat dikatakan sebagai sebuah ciri khusus yang hanya beberapa perusahaan saja yang menawarkan asuransi tersebut.

Oleh karena itu Anda harus jeli dan teliti dalam memilih serta mengenali bagaimana ciri ciri asuransi yang baik dan menguntungkan bagi nasabahnya. Ciri yang pertama yaitu mempunyai premi asuransi yang terjangkau.

Premi Asuransi Terjangkau

Jika Anda ditawarkan asuransi kesehatan dengan premi terjangkau maka benar bahwa asuransi yang dipilih sesuai karena pada dasarnya asuransi kesehatan yang murni itu memiliki sistem yang tidak menggabungkan manfaat lainnya seperti tabungan atau jaminan di hari tua. Jadi tidak heran jika biaya premi yang ditawarkan sangat terjangkau karena memang hanya fokus pada kesehatan saja.

Hal ini tentu akan cocok untuk dipilih bagi Anda yang memiliki kondisi finansial yang terbatas namun tertarik untuk memiliki asuransi kesehatan karena premi yang ditawarkan ramah di kantong. Dengan biaya yang terjangkau tentu akan membuat para nasabah merasa nyaman karena tidak merasa terbebani namun tetap mendapatkan perlindungan tambahan dari asuransi.

Meski sudah disebutkan bahwa nilai premi yang diberikan sangat terjangkau namun ada baiknya juga sebelum memilih produk asuransi dengan merencanakan keuangan terlebih dahulu. 

Anda bisa mengalokasikan anggaran khusus untuk asuransi kesehatan serta menghitung pengeluaran dengan cermat sesuai dengan penghasilan bulanan yang diperoleh. Hal ini bertujuan supaya produk asuransi yang dipilih tidak akan membebani keuangan bulanan karena asuransi kesehatan untuk penyakit itu tidaklah murah.

Memiliki jaringan yang luas ke semua rumah sakit

Ciri selanjutnya yaitu memiliki jaringan yang luas pada beberapa rumah sakit supaya asuransi yang Anda miliki ini bisa digunakan jika memang dibutuhkan. Mungkin hampir semua rumah sakit dapat menerima asuransi kesehatan namun untuk setiap perusahaan asuransi mempunyai rekanan yang berbeda.

Jadi sebelum menentukan layanan asuransi tersebut Anda bisa menanyakannya terlebih dahulu rumah sakit mana saja yang memiliki kerja sama dengan perusahaan asuransi. Jika memiliki fasilitas jaringan rumah sakit yang luas maka Anda bisa dengan bebas memilih rumah sakit mana saja baik itu rumah sakit yang dekat tempat tinggal ataupun ingin memilih rumah sakit populer yang sangat kompeten.

Jadi Anda dapat dengan mudah dan juga semakin cepat untuk ditangani dalam mendapatkan pelayanan pasien pada rumah sakit tersebut. Selain bebas memilih rumah sakit yang diinginkan, adanya jaringan yang luas ini juga menandakan bahwa perusahaan asuransi tersebut merupakan perusahaan terpercaya karena memiliki banyak sekali kerja sama dengan beberapa rumah sakit.

Memiliki masa tunggu yang singkat

Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan, informasi ini juga penting untuk diketahui bahwa tidak semua penyakit dapat dicover dengan asuransi ya. 

Jadi, memang sebelum asuransi dapat mengcover penyakit nasabah, terdapat masa tunggu karena akan dilakukan observasi terlebih dahulu apakah penyakit tersebut dapat tercover asuransi atau tidak. Pada umumnya kebanyakan asuransi akan memberikan masa tunggu yang dinilai cukup lama.

Ciri ciri asuransi yang baik selanjutnya yaitu memiliki masa tunggu yang singkat yaitu sekitar 3 hari saja. Mengapa ciri ini harus dipertimbangkan, karena jika masa tunggu yang didapat terlalu lama maka pasien harus menunggu lama dalam mendapatkan perawatan padahal jika dalam kondisi yang mendesak membutuhkan perawatan secepatnya supaya kondisinya tidak semakin buruk.

Sementara itu rumah sakit memang harus mau tak mau jika akan menggunakan asuransi harus menunggu keputusan dari pihak asuransi terlebih dahulu jika memang pasien tidak ingin mengeluarkan uang pribadinya.

Dapat menggunakan sistem cashless

Ciri ciri asuransi terbaik selanjutnya yaitu menyediakan sistem cashless untuk semua nasabah. Seperti yang diketahui di zaman modern ini, hampir semuanya sudah beralih ke teknologi digital termasuk dalam metode transaksi. 

Oleh karena itu hal ini juga dimanfaatkan di bidang asuransi dengan adanya cashless yang akan memberikan kemudahan dan keuntungan bagi nasabah karena tidak perlu menyiapkan dana ketika akan mengcover asuransi.

Selain itu dengan adanya sistem cashless ini juga akan sangat bermanfaat ketika Anda berada dalam kondisi yang sangat darurat yang tidak bisa untuk mempersiapkan dana dengan cepat. Jadi sistem cashless ini memang sangat efektif dan juga cepat jika dibanding dengan penggunaan sistem cash dalam pembayaran asuransi.

Jika masih ada perusahaan yang menggunakan sistem cash artinya perusahaan tersebut belum beralih ke metode modern dan bisa dipastikan bahwa proses yang dimiliki kurang efektif karena memerlukan waktu pelayanan yang lama.

Memprioritaskan rawat inap

Ciri ciri asuransi kesehatan yang baik selanjutnya adalah selalu memprioritaskan rawat inap bagi para pemegang polisnya. Hal tersebut wajib untuk Anda perhatikan karena banyak perusahaan asuransi kesehatan yang hanya memprioritaskan rawat jalan bukan rawat inap, padahal asuransi yang baik itu harus memprioritaskan nasabah rawat inap khususnya untuk jenis penyakit tertentu.

Ketika Anda memilih asuransi yang memprioritaskan rawat inap, Anda akan mendapatkan segudang manfaat. Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan adalah memperoleh fasilitas kesehatan yang menyeluruh dan prima.

Kedua adalah mampu menjaga tabungan Anda maupun keluarga tetap Aman. Dengan tercovernya rawat inap oleh asuransi kesehatan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk fasilitas kesehatan.

Sudah mengcover biaya check up

Tidak hanya memberikan layanan terbaik untuk pasien rawat inap saja namun ciri ciri asuransi kesehatan terbaik lainnya adalah tercovernya biaya medical check-up atau pemeriksaan setelah perawatan. Hal ini sangat berguna untuk menghemat biaya yang ada. 

Selain menghemat biaya, pasien akan mendapatkan kemudahan dalam pemeriksaan karena biasanya beberapa perusahaan asuransi menawarkan pelayanan prioritas ketika masa pemulihan.

Jadi setiap kali melakukan check up Anda dapat menunjukkan kartu asuransi tersebut, proses ini tidak terlalu rumit karena justru Anda akan mendapatkan pelayanan yang mudah dan cepat sebagai pemegang polis asuransi dengan mendapatkan prioritas. 

Jadi, tidak hanya beberapa hal yang sudah disebutkan sebelumnya saja, namun sebelum dan sesudah menentukan perusahaan asuransi Anda perlu mempelajari dengan baik apa saja produk yang ditawarkan.

Biasanya setiap perusahaan asuransi kesehatan mempunyai produk yang berbeda-beda dari segi layanan atau biaya perawatan apa saja yang bisa tercover. Oleh karena itu Anda bisa membacanya dengan teliti dan memahami apa saja manfaat asuransi yang diberikan maupun coverage dari setiap produk asuransi kesehatan, tidak ketinggalan juga pelajari polisnya.

Contohnya ada perusahaan yang menawarkan manfaat asuransi kesehatan yang bersifat umum contohnya rawat inap, pembedahan, rawat jalan ataupun perawatan gigi. Jadi dengan mengetahui apa saja ciri ciri asuransi serta manfaat yang diberikan Anda juga bisa membandingkan produk pada perusahaan satu dengan lainnya.

Hal ini tentu akan memudahkan Anda dan keluarga dalam memilih asuransi yang lengkap. Namun perlu diketahui juga bahwa semakin lengkap fitur atau layanan yang ditawarkan akan semakin tinggi nilai preminya jadi hindari juga pembelian asuransi yang memiliki layanan tambahan yang sekiranya tidak diperlukan.

Jadi pilihlah asuransi dengan mengetahui ciri yang telah disebutkan di atas yaitu asuransi kesehatan yang memiliki layanan tanpa adanya tambahan untuk tabungan ataupun jaminan masa tua.

Perusahaan sudah terdaftar serta diawasi oleh OJK

Mengingat asuransi ini akan digunakan dalam pemakaian jangka panjang maka sebelum membelinya Anda harus mengenali perusahaan asuransi yang akan dipilih. Anda bisa melakukan berbagai pengecekan seperti rekam jejak ataupun kredibilitas dari perusahaan asuransi tersebut.

Ciri ciri asuransi lainnya yang menunjukkan bahwa perusahaan tersebut kredibel atau tidak adalah dilihat dari sudah terdaftarnya perusahaan tersebut pada OJK. Ya, sebuah perusahaan finansial termasuk asuransi untuk menunjukkan legalitas yang jelas adalah sudah terdaftar serta diawasi OJK.

Oleh karena itu sebelum membeli polis asuransi yang diinginkan ada baiknya jika Anda mengecek terlebih dahulu legalitas dari perusahaan asuransi tersebut apakah sudah terdaftar pada OJK atau belum.

Dengan melakukan pengecekan ini Anda bisa memperoleh berbagai informasi tentang prosedur pendaftaran ataupun situasi keuangan dari perusahaan asuransi tersebut. Jika perusahaan asuransi mempunyai media sosial maka Anda tidak perlu ragu juga untuk melakukan pengecekan ulang yang telah diberikan oleh nasabah.

Semakin banyak ulasan positif pada perusahaan asuransi yang diberikan nasabah sebelumnya, maka semakin tinggi juga tingkat kepercayaan publik yang artinya perusahaan tersebut sudah kredibel. Selain itu Anda juga bisa melihat apakah perusahaan tersebut terpercaya atau tidak, bisa dilihat dari segi pelayanannya apakah pelayanan yang diberikan membuat nasabah nyaman atau tidak.

Anda bisa melihatnya dari keramahan dari para petugas atau karyawan perusahaan asuransi. Anda bisa memberi nilai plus jika perusahaan melayani nasabah dengan ramah serta memberikan kemudahan informasi.

Jadi Anda bisa bebas bertanya hal apapun tentang layanan yang ditawarkan seperti manfaat ataupun coverage yang diberikan, jumlah premi dan durasi kontrak, serta risiko yang mendapat perlindungan dan cara mengajukan klaim. 

Di samping itu ciri utama yang harus diperhatikan apakah perusahaan tersebut baik atau tidak dapat dilihat dari alamat kantor yang jelas serta tidak berpindah-pindah yang menandakan tidak adanya indikasi penipuan sehingga tidak akan membuat Anda khawatir.

Hindari memilih perusahaan asuransi yang belum atau tidak mempunyai izin usaha supaya mencegah adanya kerugian yang dialami di masa mendatang. Tingkatkan ketelitian dan kejelian Anda saat memilih asuransi dengan memperhatikan ciri ciri asuransi yang baik supaya ke depannya Anda akan selalu memperoleh layanan terbaik dari perusahaan terpercaya.

Tidak memiliki batasan pada setiap perawatan yang dilakukan

Ciri selanjutnya yang harus dipertimbangkan yaitu tidak memiliki batasan di setiap perawatan yang dilakukan oleh nasabah. 

Perlu diketahui pada sebuah perusahaan asuransi biasanya menetapkan dua jenis batasan yaitu limit atau batasan terhadap gabungan semua perawatan atau limit pada setiap perawatan. Kebanyakan perusahaan asuransi ada yang menetapkan limit jenis pertama tetapi ada juga yang memakai kedua jenis limit itu secara bersamaan.

Ciri ciri asuransi yang baik yaitu perusahaan yang memberikan layanan pada biaya perawatan tanpa limit. Jadi nasabah dapat berobat kapan pun yang dibutuhkan selama limit atau batas total masih ada.

Itulah tadi beberapa ciri-ciri asuransi kesehatan yang harus Anda ketahui sebelum memilih. Setelah mengetahui karakteristik asuransi yang baik, sekarang saatnya menentukan pilihan asuransi yang sesuai untuk Anda.

Asuransi Kecelakaan dari MPM Insurance

Asuransi kecelakaan diri dari MPM Insurance bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda dalam menentukan asuransi bagi Anda. Mengapa Anda wajib mempertimbangkan Asuransi kecelakaan diri dari MPM Insurance? Sebab, asuransi ini memiliki beragam keuntungan.

Keuntungan pertama adalah menjamin beragam risiko kecelakaan diri, seperti biaya perawatan dan pengobatan, cacat tetap serta kematian. Banyaknya risiko yang dijamin oleh asuransi ini menjadikan keuntungan sendiri bagi Anda.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan di saat kondisi Anda kritis, hal tersebut juga membuat tabungan Anda menjadi aman. Kedua adalah mendapatkan hak atas santunan serta waktu tunggu yang singkat.

Apabila terjadi kematian hak atas santunan akan diberikan sekurang-kurangnya 12 bulan setelah terjadinya peristiwa kecelakaan. Sedangkan apabila hilang atau tidak dapat ditemukan waktu tunggu untuk diberikannya santunan adalah maksimal 60 hari setelah kecelakaan.

Hal tersebut sangatlah singkat untuk masa tunggu pada asuransi kecelakaan diri. Hal tersebut sama dengan masa tunggu apabila terjadi cacat tetap. Besarnya santunan yang diberikan juga cukup besar untuk sebuah asuransi kecelakaan diri.

Selain asuransi kecelakaan diri, MPM Insurance memiliki produk asuransi lain. Baik untuk kebutuhan bisnis Anda maupun personal. MPM Insurance juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Hal tersebut membuktikan bahwa MPM Insurance memiliki legalitas yang terbukti dan terpercaya, sehingga Anda tidak perlu ragu apabila ingin menggunakan jasa MPM Insurance. Proses klaim juga dapat dilakukan secara online, sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk pergi ke kantor cabang perusahaan.

Pemrosesan data klaim atau pelaporan Anda akan dilakukan dengan cepat, meskipun klaim dilakukan secara online. Data akan diproses maksimal 1×24 jam setelah itu Anda akan dihubungi oleh pihak perusahaan untuk melakukan survei.

Selain itu, proses klaim juga bisa Anda pantau sudah sampai sejauh mana. Hal ini sangat berguna untuk melihat apakah klaim berjalan lancar atau tidak.

Demikian beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai keuntungan memilih MPM Insurance. Beberapa ciri asuransi kesehatan yang telah disebutkan tadi juga bisa dijadikan sebagai pedoman serta acuan dalam memilih asuransi yang tepat.

Dengan mengetahui ciri ciri asuransi di atas Anda juga bisa memastikan bahwa asuransi yang dipilih memiliki kualitas pelayanan baik serta dapat disesuaikan dengan budget maupun kebutuhan Anda masing-masing. Perlu diingat bahwa dengan memilih asuransi kesehatan artinya Anda telah menginvestasikan kesehatan Anda dengan banyak sekali benefit, jadi jangan ragu lagi.

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo