Asuransi Kebakaran: Pengertian dan Objek Pertanggungannya

meta icon

Asuransi Kebakaran: Pengertian dan Objek Pertanggungannya

Asuransi kebakaran adalah jenis produk asuransi untuk menjamin kerusakan serta kerugian jika terjadi kebakaran maupun risiko perluasan yang menimpa objek pertanggungan. Mengganti semua kerugian kebakaran memerlukan biaya yang cukup besar, apalagi lamanya waktu mengumpulkan uang tersebut agar semuanya dapat kembali seperti semula.

Oleh sebab itu, asuransi dihadirkan untuk memberikan tawaran penggantian dari kerugian yang harus Anda tanggung. Jenis asuransi ini akan memberikan jaminan ganti rugi benda-beda yang ikut terbakar.

Objek Pertanggungan Asuransi Kebakaran

Jenis asuransi ini akan memberikan jaminan beberapa jenis objek pertanggungan, seperti:

1. Apartemen

    Jika terjadi kebakaran pada apartemen, maka Anda bisa klaim asuransi untuk mendapatkan penggantian dari kerugian semua benda yang ada di dalam apartemen.

    2. Rumah Tinggal

    Rumah tinggal merupakan salah satu objek pertanggungan jenis asuransi ini, termasuk perabotan rumah tangga, barang berharga dan sebagainya.

    Baca Juga: Pentingnya Asuransi Rumah Untuk Lindungi Hunian Anda

    3. Toko

    Toko menjadi objek pertanggungan asuransi ini juga dan biasanya benda-benda yang ikut terbakar di dalam toko akan mendapatkan penggantian dari jasa asuransi yang Anda pilih.

    4. Kantor

    Kantor Anda perlu memiliki asuransi ini karena sangat bermanfaat jika terjadi kebakaran semua barang-barang di kantor mendapatkan penggantian seperti office equipment yang ada di dalam kantor milik Anda.

    5. Mall

    Mall merupakan bangunan yang masuk ke dalam kategori objek tertanggung dari jenis asuransi satu ini.

    6. Hotel

    Hotel juga objek pertanggungan asuransi kebakaran apabila terjadi kebakaran yang disebabkan oleh beberapa faktor. Semua benda-benda yang ada di dalam hotel, baik di dalam kamar, restoran, fasilitas hotel dan sebagainya dapat penggantian dari jasa asuransi.

    7. Gudang

    Gudang masuk ke dalam objek pertanggungan asuransi ini, sehingga bagi Anda yang memiliki gudang perlu memiliki asuransi untuk menghindari risiko kebakaran yang terjadi pada gudang Anda.

    8. Pabrik

    Jenis benda yang akan diganti dari kerugian akibat kebakaran di pabrik adalah mesin di pabrik dan jenis-jenis benda lainnya.

    Nah, seperti itulah beberapa contoh objek pertanggungan asuransi jenis kebakaran yang perlu Anda ketahui sebelum mulai memanfaatkannya.

    Apakah KPR Wajib Asuransi Kebakaran?

    KPR tidak hanya memberikan tawaran keuntungan dan kemudahan pada proses kepemilikan rumah saja, namun juga Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting, seperti asuransi untuk kebakaran karena menjadi komponen penting dari paket KPR. Risiko kebakaran adalah salah satu hal yang umum terjadi dan mempunyai asuransi rumah merupakan salah satu langkah tepat untuk memberikan perlindungan dari risiko yang tidak diinginkan.

    Nah, di sinilah jenis asuransi ini memiliki manfaat sebagai perlindungan finansial untuk pembeli rumah dan bank. Pada konteks KPR, asuransi jenis ini menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh pembeli rumah sebelum KPR disetujui oleh pihak bank.

    Baca Juga: Ini Loh Manfaat Punya Asuransi Mobil

    Apakah Klaim Asuransi Kebakaran Merupakan Objek Pajak?

    Berdasarkan pasal 4 ayat 3 huruf e, objek pajak yang dikecualikan adalah pembayaran dari perusahaan asuransi ke orang pribadi yang berhubungan dengan asuransi kecelakaan, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi bea siswa dan asuransi dwiguna.

    Jadi, sesuai dengan ketentuan tersebut, klaim asuransi kebakaran tidak masuk sebagai penghasilan yang dikecualikan objek wajib pajak. Dengan begitu, klaim asuransi jenis kebakaran merupakan objek pajak dan penghasilan tersebut perlu dilaporkan pada SPT tahunan.

    Baca Juga: Definisi Pasar Persaingan Sempurna Beserta Contohnya

    Apakah yang Tidak Dijamin Asuransi Kebakaran?

    Risiko yang dikecualikan atau tidak dijamin oleh asuransi ini adalah:

    1. Kerusakan Harta Benda Karena Kelalaian

    Kerusakan harta benda yang tidak dijamin karena penyebabnya kesengajaan, dicuri.

    2. Kerusakan Harta Benda Karena Hal Lain

    Kerusakan harga benda yang tidak dijamin karena penyebabnya tertabrak kendaraan, tanah longsor, asap industri, genangan air, banjir, angin topan dan pembersihan puing-puing.

    3. Harta Benda yang Masuk Pengecualian

    Harta benda yang mendapatkan pengecualian, kecuali harta benda tersebut masuk dalam kategori yang diasuransikan, seperti, kendaraan bermotor, alat berat, pesawat terbang, kendaraan bermotor, barang antik, logam mulia, model atau tuangan dan lainnya.

    Berapa Biaya Asuransi Kebakaran KPR?

    Umumnya biaya asuransi jenis ini untuk KPR jadi bagian cicilan setiap bulan KPR Anda. Jumlah preminya akan ditentukan sesuai dengan risiko kebakaran, nilai properti dan faktor-faktor lainnya yang masih relevan.

    Pilih asuransi kebakaran terbaik dari MPMI Insurance untuk meminimalisir risiko yang mungkin saja terjadi.

    Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

    MPMInsurance :
    Protection, Advisory & Reliability

    PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

    mobile logo