Apa Itu FYP? Ini 6 Cara Mudah Masuk FYP TikTok, Dijamin Langsung Viral!

meta icon

apa itu dan pengertian fyp di tiktok

TikTok saat ini sudah menjadi salah satu media sosial dengan pengguna aktif terbesar di dunia. Bahkan di Indonesia sendiri TikTok digunakan oleh semua kalangan, terlepas dari umur dan kelas sosialnya.

Kini berbagai konten yang viral kerap berawal dari media sosial berbagi video buatan ByteDance ini. Bagi kamu yang suka main TikTok, pasti tidak asing dengan istilah FYP atau For Your Page.

Konten yang masuk FYP biasanya adalah konten yang viral dengan engagement yang tinggi. Sehingga tidak heran banyak konten kreator TikTok yang berlomba-lomba masuk ke laman FYP.

Dengan masuk laman FYP juga kreator akan mendapat kesempatan lebih besar untuk memperluas jangkauan penontonnya. Artinya, semakin besar juga kemungkinan untuk mendapat lebih banyak pengikut.

Namun, meski sudah akrab di telinga para pengguna aktif TikTok, kenyataannya masih banyak yang belum mengerti apa itu FYP dan bagaimana cara agar konten kita masuk ke laman tersebut. Tentu saja, TikTok tidak memilih konten secara acak.

Ada algoritma yang dibuat agar konten yang masuk ke laman FYP adalah konten yang memang layak dilihat banyak orang.

Apa Itu FYP?

Secara pengertian, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya FYP adalah singkatan dari For Your Page. Laman ini berisi video-video yang tengah populer atau viral berdasarkan preferensi masing-masing penggunanya.

Jadi, kemungkinan besar FYP pengguna satu dapat berbeda dengang pengguna lainnya. Meski FYP setiap pengguna berbeda, tapi satu yang pasti yakni deretan video tersebut adalah yang memiliki penonton banyak dan engagement yang tinggi.

Konten yang masuk FYP adalah konten yang sudah memiliki penonton banyak atau berpotensi menjadi viral. Oleh karena itu, banyak konten kreator yang naik daun bahkan mendadak viral berkat videonya masuk FYP.

Melihat kesempatan itu, semua pengguna TikTok pun berlomba agar videonya bisa masuk ke laman FYP TikTok. Hanya, saja masih banyak pengguna TikTok, bahkan yang sudah aktif sekali pun tidak mengetahui bagaimana cara agar konten yang kita masuk ke laman FYP.

Bagaimana Agar Konten Masuk FYP?

Setelah mengetahui pengertian dari FYP atau For Your Page, sekarang kita membahas mengenai cara membuat konten yang bisa masuk ke laman tersebut.

Tentunya agar konten yang kita buat dapat banjir penonton dan kamu bisa mendapatkan banyak followers baru. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar video yang kamu buat dapat masuk ke laman FYP, berikut selengkapnya:

1. Kualitas Video

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah kualitas video. Penting untuk kamu memastikan video yang kamu unggah cukup jelas, jernih, dan nyaman untuk penonton.

Sebab, video dengan kualitas yang rendah akan membuat penonton enggan berlama-lama menonton. Hal ini tentunya akan berdampak pada algoritma. TikTok akan menganggap video kamu tidak layak untuk mendapatkan penonton yang lebih banyak.

2. Gunakan Sound Populer

Hal kedua yang harus kamu perhatian agar konten yang kamu buat dapat masuk laman FYP adalah penggunaan musik populer.

Kamu bisa mendompleng popularitas musik yang tengah viral agar video kamu dapat ikut mendapat penonton. Tidak jarang pengguna TikTok melakukan pencarian berdasarkan musik atau sound. Sehingga nantinya video kamu dapat ikut tampil di laman pencarian tersebut.

3. Maksimalkan Hashtag

Sama seperti media sosial lain, TikTok juga menyediakan pencarian lewat hashtag atau tagar bagi para penggunanya. Dengan mencantumkan tagar yang umum dan banyak dicari orang, tentunya akan semakin meningkatkan potensi konten yang kita buat menjadi viral.

Selain menggunakan tagar yang umum dan populer, kamu juga bisa menggunakan tagar yang relevan dengan konten yang kamu unggah, namun tetap usahakan tagar tersebut memiliki jumlah pencarian yang besar.

Kamu bisa menggunakan 3 hingga 4 tagar dalam satu video agar potensi masuk laman FYP lebih besar.

4. Ikuti Challenge Viral

TikTok sangat identik dengan berbagai jenis challenge. Kamu dapat mengikuti challengechallenge yang tengah viral untuk mendongkrak jumlah penonton.

Namun perlu diketahui, tren di TikTok bergerak sangat cepat. Oleh karena itu, ketika menyadari ada suatu tren challenge, maka sebisa mungkin kamu harus segera membuatnya. Hindari mengunggah video challenge yang sudah terlewat masa viralnya.

5. Buat Caption Menarik

Setelah kamu memastikan secara kualitas seluruh video sudah baik, jangan lupa untuk menuliskan caption yang menarik. Buatlah caption yang relevan namun di sisi lain juga mengajak penonton ikut berkomentar.

Sebab, semakin banyak orang yang berkomentar, TikTok akan menganggap video kamu memiliki engagement yang tinggi dan layak masuk laman FYP.

Selain itu, caption yang dibuat juga harus menimbulkan rasa penasaran penonton. Sebisa mungkin hanya dengan membaca caption, penonton menjadi tergerak untuk menonton keseluruhan video.

Ini juga akan membantu video kamu masuk laman FYP, karena semakin banyak orang yang menonton video kamu hingga selesai artinya video tersebut menarik dan diminati orang.

6. Kolaborasi dengan Kreator Lain

Kolaborasi dapat menjadi solusi ampuh agar video yang kita buat masuk jajaran FYP. Terlebih jika kolaborasi dilakukan dengan konten kreator yang sudah memiliki basis penggemar yang besar.

Ini akan membuat konten yang kamu unggah berpotensi mendapat lebih banyak penonton dan semakin besar kemungkinan masuk laman FYP.

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo