Apa itu Brand Image? Pengertian, Contoh & Fungsi untuk Bisnis

meta icon

definisi, pengertian, apa itu brand image beserta fungsinya

Bagi seorang pebisnis, menjaga reputasi perusahaan kepada konsumen adalah hal utama yang sangat diperhatikan. Untuk menjaga reputasi tersebut, biasanya perusahaan harus memiliki Brand Image yang baik, agar mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Namun pada kenyataannya, untuk membangun Brand Image yang baik tentu saja memerlukan proses yang cukup panjang. Perusahaan dan para pebisnis harus memberikan beberapa upaya lebih dan tentunya tidak dapat dilakukan secara singkat.

Lalu bagaimana sih cara membangun Brand Image yang baik? Sebelum membahasnya lebih lajut, apakah Anda sudah tahu apa yang dimaksud dari Brand Image itu?

Apa itu Brand Image?

Melihat dari penggunaan bahasa, Brand Image berasal dari Bahasa Inggris yang artinya citra merk. Brand Image sendiri adalah sebuah pandangan dari konsumen terkait citra produk atau jasa yang ada pada sebuah perusahaan.

Jika melihat dari pandangan pebisnis, Brand Image merupakan langkah awal untuk mengenalkan produk atau jasanya kepada konsumen. Langkah ini bertujuan agar brand perusahaan tersebut mendapatkan kesan yang positif dan mendalam untuk konsumen.

Contoh Brand Image yang Baik

Pada dasarnya, produk atau jasa dengan Brand Image yang baik, dapat memungkinkan untuk mendapatkan tingkat konsumen yang tinggi. Bahkan bisa saja produk tersebut akan menjadi top of mind ketika konsumen memikirkan produk atau jasa tersebut.

Contohnya adalah ketika Anda diberi kata minuman soda, biasanya Anda akan langsung memikirkan satu brand yaitu coca-cola. Mengapa bisa begitu? Tentu saja citra brand dari coca-cola ini sudah dibentuk sejak dulu yang mana membuat semua orang berpikir jika top of mind dari minuman soda adalah coca-cola.

Nah, melihat dari contoh diatas, Brand Image tentu saja sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen. Dengan kepercayaan dan loyalitas yang tinggi dari konsumen, maka tentu saja perusahaan akan mendapatkan hal positif yaitu peningkatan produksi barang dan juga peningkatan keuntungan.

Nah, setelah mengetahui apa itu Brand Image, sebenarnya apa fungsi Brand Image untuk kemajuan bisnis?

Fungsi Brand Image yang Baik untuk Kemajuan Bisnis

1. Agar Memiliki Pasar dan Kelasnya Sendiri

Fungsi dari memiliki Brand Image yang Baik yaitu agar perusahaan dapat memiliki pasar dan kelasnya sendiri. Dengan memil ki pasar dan kelasnya sendiri, perusahaan tersebut akan memiliki keunikan di mata konsumen.

Dengan Brand Image yang baik, perusahaan tersebut akan menduduki kelasnya dan tentunya tidak dapat disamakan dengan pebisnis atau perusahaan lainnya.

2. Memungkinkan Menaikan Harga Sesuai Kualitas

Pernahkah Anda melihat produk yang memiliki harga lebih tinggi namun tetap memiliki banyak penjualan dan konsumen? Nah itu dia salah satu fungsi ketika perusahaan memiliki Brand Image yang baik.

Orang-orang tidak akan berpikir panjang untuk memilih produk ketika produk tersebut memiliki Brand Image yang baik. Walaupun harga produk lebih tinggi dibanding yang lainnya, konsumen tetap akan membeli produk tersebut.

Walaupun sudah memiliki Brand Image yang baik, perusahaan tetap harus meningkatkan kualitas produk. Jangan sampai produk tersebut memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan produk yang memiliki harga dibawahnya.

Bisa saja nantinya konsumen akan menghilangkan kepercayaan kepada brand perusahaan Anda, dan beralih ke brand lainnya.

3. Agar Mendatangkan Konsumen Baru

Fungsi ketiga yang didapatkan apabila memiliki Brand Image yang Baik yaitu dengan mendatangkan konsumen Baru. Konsumen baru tentu saja akan berdampak positif pada keuntungan perusahaan dan dapat membantu penyebaran informasi produk secara cepat.

4. Agar Mendapatkan Ciri Khas dibanding Pebisnis Lain

Fungsi selanjutnya dari memiliki Brand Image yang baik adalah dengan mendapatkan ciri khas sendiri. Ciri khas ini dapat ditonjolkan dari logo, atau tagline yang tentunya akan membawa perusahaan dan produk Anda dipandang lebih baik dibanding pebisnis lainnya.

Contohnya adalah dengan tagline “Orang Pintar, Minum?” Tanpa menyertakan brand, orang sekitar akan sudah tau jika brand yang dimaksud adalah tolak angin. Maka dari itu, memiliki brand image yang baik dari segi keunikannya merupakan hal yang sangat penting.

5. Agar Memberikan Daya Tarik Bagi Konsumen

Produk yang telah memiliki Brand Image yang baik akan memiliki daya tarik sendiri dibandingkan produk yang tanpa branding sama sekali.

Setelah mengetahui fungsi dari Brand Image yang baik, lalu bagaimana cara meningkatkan Brand Image?

Cara Meningkatkan Brand Image

Untuk membentuk dan meningkatkan Brand Image, tentu saja bukanlah suatu hal yang mudah. Anda perlu membangun suasana yang interaktif antara produk dan konsumen. Nah untuk itu, berikut adalah carameningkatkan Brand image yang baik:

1. Membuat Desain Produk yang Menarik dan Unik

Cara pertama yang paling dasar dalam meningkatkan Brand Image adalah dengan membuat desain produk yang unik dan menarik.

Seperti yang diketahui jika sekarang ini semakin banyak pesaing bisnis yang bermunculan mulai dari sektor nasional maupun internasional.

Sebagai solusi dari banyaknya persaingan ini, Anda perlu membuat desain produk yang unik dan menarik. Desain produk yang menarik dan unik ini, akan mengoptimalkan produk Anda dalam menaikan branding di mata konsumen.

2. Menerapkan Interaksi 2 Arah Melalui Media Sosial

Cara selanjutnya dalam meningkatkan Brand Image adalah dengan membangun komunikasi dua arah bersama konsumen. Komunikasi interaktif ini dapat dibangun melalui platform media sosial.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan dari membangun interaksi ini adalah dengan membuat konten yang berhubungan dengan produk Anda.

Konten ini memungkinkan agar konsumen dapat mengenal lebih dalam terlebih lagi melalui media sosial yang terbilang cukup cepat dalam penyebarannya.

Setelah membuat konten dan komunikasi yang interaktif bersama konsumen. Diharapkan produk Anda dapat menerima feedback yang baik dan tentunya dapat menaikan Brand Image dari produk tersebut.

3. Melakukan Promosi Iklan Secara Konsisten

Cara selanjutnya untuk menaikan dan meningkatkan Brand Image adalah dengan melakukan promosi iklan secara berkelanjutan. Cara ini termasuk ke dalam cara yang penting dan krusial. Pasalnya iklan adalah cara yang efektif dala mengenalkan produk.

Anda tidak perlu khawatir apabila di awal iklan yang Anda buat tidak mendapatkan perhatian. Namun yang terpenting adalah Anda harus tetap konsisten melakukannya agar promosi yang dilakukan di awal tidak sia-sia.

4. Melakukan Evaluasi dan Pengembangan Produk Secara Konsisten

Perlu diketahui jika beberapa konsumen sangat sensitif terhadap review atau penilaian dari suatu produk. Mengenai hal tersebut, Anda perlu memperhatikan kualitas yang ada dengan cara melakukan evaluasi dan pengembangan produk untuk menghindari adanya review rendah dari beberapa konsumen.

5. Bekerjasama dengan Influencer

Sekarang ini zaman sudah serba digital, influencer menjadi salah satu cara untuk menaikan branding dengan cara menyebarkan Brand Image baik kepada followersnya. Anda bisa mengajak kerjasama influencer melalui endorse yang tentunya sesuai dengan bidangnya.

Jangan sampai Anda mempromosikan bisnis kuliner namun Anda bekerja sama dengan influencer elektronik. Itu dia pembahasan terkait Brand Image hingga cara meningkatkan Brand Image pada suatu Bisnis.

Pada intinya, Brand Image perlu dijaga dan ditingkatkan hingga jangka panjang, untuk membangun kepercayaan yang baik di tengah masyarakat.

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo