5 Tips Memilih Asuransi Terbaik untuk Mobil Pertama Kamu

meta icon

tips memilih asuransi

Bagi sebagian orang, mobil dapat menjadi lambang kebanggaan sekaligus kesuksesan. Tak heran, orang-orang yang baru membeli mobil pertama akan begitu memperhatikan seluruh perawatan mobilnya. Mereka tak akan membiarkan mobil kesayangannya lecet bahkan kotor sedikit pun. Namun, banyak orang tak menyadari bahwa tingkat tertinggi menyayangi mobil adalah dengan melindunginya dengan asuransi.

Ada banyak asuransi kendaraan yang bisa kamu pilih. Tentunya, sebagai pemilik mobil kamu harus memilih perusahaan asuransi yang tepat dan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Agar tidak salah pilih, berikut lima tips memilih asuransi kendaraan untuk mobil pertama kamu.

1. Pastikan Reputasi Perusahaan Baik

Langkah pertama dalam memilih asuransi kendaraan adalah memastikan perusahaan asuransi yang hendak kamu pilih mempunyai reputasi yang baik. Penilaian atas reputasi ini umumnya dapat dilihat dari berbagai aspek, misalnya banyaknya komentar positif dari orang lain atau telah memiliki rekam jejak yang panjang dan positif.

Hal-hal seperti itu akan memudahkan kamu dalam memilah mana asuransi yang layak dipertimbangkan dan tidak. Setelah itu barulah kamu masuk ke aspek finansial yakni dengan melakukan pemeriksaan laporan keuangan untuk melihat kekuatan modal dan kemampuan perusahaan membayar klaim.

Setelah seluruh aspek baik reputasi dan finansial meyakinkan, kamu bisa mulai mempertimbangkan produk yang ditawarkan perusahaan asuransi tersebut. Pastikan kamu memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu.

2.   Jangan Tergiur Premi Murah

Tidak bisa dipungkiri, untuk mendapatkan kualitas terbaik seringkali kita memang harus merogoh kocek lebih. Begitu juga dengan produk asuransi. Sebaiknya kamu jangan mudah tergiur ketika ditawarkan produk asuransi dengan harga murah dengan manfaat segudang.

Kamu harus melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap semua produk asuransi yang ditawarkan. Periksa dengan teliti seluruh ketentuan yang tertuang di dalam polis. Setelahnya, kamu akan mendapatkan informasi yang sebenarnya mengenai banyak risiko yang dikecualikan. Tidak sedikit produk asuransi dengan premi yang murah mengharuskan penanggung membayar biaya tambahan jika ingin memperluas manfaat. Pada akhirnya uang yang kita keluarkan juga akan tetap banyak.

3. Menawarkan Perluasan Perlindungan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dalam urusan asuransi memang pilihan terbaik adalah produk yang menawarkan manfaat paling luas, agar kendaraan yang kita asuransikan terlindung dari segala jenis kemungkinan bahaya. Beberapa perluasan perlindungan yang dapat kamu pertimbangkan di antaranya, perlindungan terhadap banjir, pencurian, perlindungan atas huru-hara, hingga perlindungan ganti rugi pihak ketiga.

Tidak ada salahnya kamu merogoh kocek lebih dalam agar perlindungan terhadap mobil pertama dapat benar-benar optimal. Namun, pastikan terlebih dahulu ketentuan dari masing-masing manfaat agar kita lebih memahami batas kompensasi yang akan kita dapatkan jika suatu hari melakukan klaim.

4. Jaringan Bengkel Rekanan yang Luas

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memilih perusahaan asuransi yang memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas. Selain itu, pastikan juga bengkel rekanan sudah terkenal berkualitas dan berlisensi.

Tujuannya memilih perusahaan asuransi yang memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas, tak lain adalah untuk memudahkan kita agar memiliki lebih banyak pilihan. Misalnya, kita jadi memiliki lebih banyak opsi dengan mempertimbangkan lokasi terdekat, berlisensi, atau memiliki suku cadang yang sesuai dengan kendaraaan kita.

5. Akses Pelayanan 24 Jam

Akses pelayanan menjadi juga salah satu faktor terpenting dalam memilih perusahaan asuransi. Hindari memilih perusahaan asuransi yang dikenal memiliki akses pelayanan yang sulit. Karena kita bisa mengalami situasi darurat kapan pun dan di mana pun, maka pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki akses pelayanan 24 jam.

Berbagai perusahaan asuransi kini juga telah menyediakan layanan darurat di jalan raya, seperti derek gratis. Namun, hal yang terpenting adalah perusahaan asuransi yang tidak mempersulit dalam pengajuan klaim.

Banyak perusahaan asuransi kini dapat memproses klaim hanya satu hari sebelum kendaraan kita direferensikan ke bengkel rekanan yang kita pilih.

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo